This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ulfa, Efi Maria (2010) تأثير تطبيق طريقة الكتابة الكمية لإنجاز مهارة الكتابة للتلاميذ في الفصل العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية كبونساري مجاأكوج جومباج. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Efi Maria Ulfa_D32206022.pdf Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul "Pengaruh Penerapan Metode Quantum Writing terhadap prestasi Maharotul Kitabah siswa Kelas X MAN Kebonsari Mojoagung Jombang" Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu diajarkan dan perlu dikuasai pada siswa. Sehingga dalam pengajaran dan pembelajararmya di perlukan suatu teknik dan metode yang bisa mempermudah siswa dalam memahaminya yang diantaranya adalah Quantum Writing yaitu: Quantum merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal "quanta" yang artinya quality, amount, aspecified qualiti, a person atau kualitas, jumlah, atau nilai ukuran, bagian. Jadi Quantum Writing merupakan sebuah proses interaksi dalam proses belajar (menulis) niscaya mampu mengubah berbagai potensi menulis yang ada dalam diri manusia menjadi gairah yang dapat ditularkan kepada orang lain. Dalam penelitian ini penulis mengambil obyek di Madrasah Aliyah Negeri Kebonsari Mojoagung Jombang dengan tujuan untuk mengetahui: 1. Bagaimana bentuk pelaksanaan pembelajaran menulis melalui metode Quantum Writing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran bahasa arab? 2. Bagaimana pengaruh penerapan metode Quantum Writing terhadap peningkatan prestasi belajar siswa, dalam maharotul kitabah? Dan dalam hal, ini penulis mengambil 21 siswa kelas X MAN Kebonsari Mojoagung Jombang sebagai sampelnya. Berdasarkan tujuan diatas, maka dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode Quantum Writing dengan teknik iringan musik klasik. Teknik nontes berupa perilaku siswa dari hasil observasi, wawancara, dan dokumenasi foto pada siswa kelas X MAN Mojoagung Jombang. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis maka penulis dapat menyimpulkan bahwa penerapan atau penggunaan metode Quantum Writing mempengaruhi peningkatan hasil siswa kelas X MAN Kebonsari Mojoagung Jombang dalam belajar Maharotul Kitabah. Hal ini bisa dilihat dari data melalui wawancara , dokumentasi, angket maupun observasi bahwa hampir 85% siswa siswa kelas X MAN Mojoagung Jombang mengalami peningkatan dalam belajar Maharotul Kitabah. Dalam akhir penulisan skripsi penulis menyarankan kepada guru bahasa Arab agar menggunakan metode Quantum Writing dengan teknik iringan musik klasik untuk pembelajaran menulis. Kepada siswa agar aktif berlatih untuk menulis, terutama menulis karangan. Bagi peneliti diharapkan melakukan penelitian dengan menggunakan metode Quantum Writing dengan teknik iringan musik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Prestasi Belajar Pendidikan > Metode |
||||||||
Keywords: | Metode belajar; Quantum Writing; prestasi belajar; Maharotul Kitabah | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 04 May 2020 07:57 | ||||||||
Last Modified: | 04 May 2020 07:57 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39756 |
Actions (login required)
View Item |