This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohmah, Sirli Fuadah (2021) Perspektif guru terhadap pembelajaran Bahasa Inggris berbasis pembelajaran Daring MI Ihyaul Islam Bolo Ujungpangkah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Sirli Fuadah Rohmah_D97216125.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pandemi yang terjadi saat ini mengakibatkan terjadinya perubahan pada pelaksanaan pembelajaran dari pembelajaran konvensional beralih menjadi pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh. Hal ini diberlakukan setelah beredarnya surat edaran keputusan dari Meteri Pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim pada nomor 36962/MPK.A/HK/2020 sehingga mewajibkan semua instansi pendidikan menerapkan pembelajaran jarak jauh dari hal ini melatar belakangi peneliti untuk mengambil penelitian untuk mngetahui konsep belajar yang digunakan dan juga perspektif terhadap pelaksanaan pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh.Tujuan penelitian ini yakni: 1) Untuk mengetahui desain pembelajaran yang guru terapkan dalam mengajar pembelajaran Bahasa Inggris berbasis daring pada peserta didik Madrasah Ibtidaiyyah. 2) Untuk mengetahui perspektif guru dalam mengajar pembelajaran Bahasa Inggris berbasis daring pada peserta didik Madrasah Ibtidaiyyah. Metode penelitian yang digunakan peneliti yakni metode kualitatif, dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yakni interview, angket, dan dokumentasi. Pada teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling yang ditunjukkan pada guru mata pelajaran Bahasa Inggris sehingga informasi yang diperoleh valid. Wawancara dilakukan secara mendalam (Indepth Interview) melalui wawancara secara langsung dan data tambahan yang diperoleh dari angket angket. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan metode trianggulasi data, kemudian dianalisis menggunakan teori tentang pengajaran metode pembelajaran jarak jauh dan pembelajaran Bahasa Inggris untuk sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Desain pembelajaran yang diterapkan pada saat ini guru partisipan memanfaatkan aplikasi Whatsapp untuk menyampaikan materi dan terdapat perombakan pada perangkat pembelajaran sesuai dengan pembelajaran daring. 2) Perspektif guru dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh menunjukkan bahwa guru partisipan beranggapan bahwa pembelajaran konvensional lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran jarak jauh.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Inggris English Learning Guru |
||||||||||||
Keywords: | Daring. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Sirli Fuadah Rohmah | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Feb 2021 11:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Feb 2021 11:17 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46480 |
Actions (login required)
View Item |