This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Laili, Mifroh Wafi (2022) Penerapan metode latihan terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung pada siswa kelas II-A MI al-muniroh 1 ujungpangkah gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Mifroh Wafi Laili_D97218096.pdf Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah karena rendahnya keterampian menulis tegak bersambung siswa kelas II-A MI Al-Muniroh I. Berdasarkan data pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh adalah 70,15 dengan presentase 21.50%. Dari 19 anak terdapat 4 siswa yang nilainya tuntas dan sisanya belum tuntas. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode latihan terbimbing sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis tergak bersambung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan metode latihan terbimbing dalam meningkatkan keterampilan menulis huruf tegak bersambung pada siswa kelas II-A di MI Al-Muniroh 1?. (2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis menggunakan huruf tegak bersambung setelah penerapan metode latihan terbimbing pada siswa kelas II-A MI Al-Muniroh 1?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian dari Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan pada tiap siklus, yaitu : (1) Perencanaan (Planning), (2) Tindakan (Acting), (3) Pengamatan (Observing) dan (4) Refleksi (Reflecting). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, penilaian produk (non tes) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode latihan terbimbing telah dilakukan dengan baik. Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 81,45 dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 90,51. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 70,31 dan peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 86,30. (2) Presentase ketuntasan siswa pada pra siklus hanya 21,05% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 42,6% dan pada siklus II sebesar 84,21%. Jumlah siswa yang tuntas pada pra siklus yakni 4 siswa, pada siklus I ada 9 siswa dan pada siklus II ada 16 siswa yang tuntas. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus yaitu 70,15 meningkat pada siklus I yaitu 74,41 dan meningkat menjadi 83,54 pada siklus II. Siklus II sudah mencapai indikator kinerja ≥ 80 dan ≥ 80% sehingga penelitian ini dikatakan berhasil.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Indonesia Keterampilan Menulis |
||||||||||||
Keywords: | Latihan Terbimbing; Peningkatan Keterampilan; Menulis Tegak Bersambung. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Mifroh Wafi | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Nov 2022 14:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Nov 2022 14:09 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55097 |
Actions (login required)
View Item |