This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ula, Nur Haibatul (2016) PENGARUH MEDIA TELEVISI DALAM ACARA HAFIDZ INDONESIA TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL QURAN SISWA KELAS 3 SDIT GHILMANI KETINTANG SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (733kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (999kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
Penulis mengambil judul skripsi ini dengan latar belakang masalah banyaknya siswa atau anak bangsa yang belum bisa membaca al Quran dengan baik dan benar, apalagi menghafalkannya.. Hal ini terjadi karena motivasi yang kurang dari pihak sekolah, orang tua bahkan lingkungan yang kurang mendukung, sebab motivasi itu bukan hanya timbul dari faktor intrinsiktetapi juga faktor ekstrinsik. Oleh karena itu Guru sebagai pendidik di sekolah dan orang tua sebagai pengontrol kegiatan di rumah perlu menjadikan media atau sarana yang ada di sekolah maupun di rumah sebagai alat motivasi bagi siswa. Media televisi Acara Hafidz Indonesia adalah suatu media yang didalamnya terdapat program televisi yaitu Hafidz Indonesia yang dapat menumbuhkan motivasi menghafal al Quran. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pengembangan media televisi acara hafidz Indonesiadi SDIT Ghilmani Ketintang Surabaya? (2) Bagaimana motivasi menghafal al Quran siswa kelas 3 SDIT Ghilmani Ketintang Surabaya? (3) Seberapa besar pengaruh media televisi dalam acara hafidz Indonesia terhadap motivasi menghafal al Quran siswa kelas 3 SDIT Ghilmani Ketintang Surabaya? Untuk menjawab masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian dokumentasi, interview, dan angket. Sedangkan
dalam penyajian dan analisis data, penulis menggunakan hitungan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian diperoleh harga koefisien korelasi (r)sebesar 0,595, kemudian untuk menguji signifikansi hasil korelasi digunakan uji t. dengan taraf signifikansi 5% dandk=83 diperoleh nilai t (0,05) (83) sebesar 1,664. Sedangkan t hitung sebesar 5,395 menyatakan ada hubungan positif atau hubungan searah antara kedua variabel. Dalam arti jika variabel X (pengaruh media televise dalam acara hafidz Indonesia) turun, maka variabel Y (motivasi menghafal al Quran siswa kelas 3) juga turun. Maka dapat disimpulkan bahwa t hitung > t (0,05) (83) sehingga hipotesis nol ditolak. Dengan demikian terdapat
pengaruh yang signifikan antara media televisi acara hafidz Indonesia terhadap motivasi menghafal al Quran siswa kelas 3 SDIT Ghilmani Ketintang sebesar 35,4% dengan asumsi bahwa variabel lainnya adalah konstan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar; Televisi; Hafidz Quran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | haibah Haibatul Ula Nur | ||||||
Date Deposited: | 04 May 2016 08:33 | ||||||
Last Modified: | 04 May 2016 08:33 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5590 |
Actions (login required)
View Item |