PENGARUH MEDIA TELEVISI DALAM ACARA HAFIDZ INDONESIA TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL QURAN SISWA KELAS 3 SDIT GHILMANI KETINTANG SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ula, Nur Haibatul (2016) PENGARUH MEDIA TELEVISI DALAM ACARA HAFIDZ INDONESIA TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL QURAN SISWA KELAS 3 SDIT GHILMANI KETINTANG SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Penulis mengambil judul skripsi ini dengan latar belakang masalah banyaknya siswa atau anak bangsa yang belum bisa membaca al Quran dengan baik dan benar, apalagi menghafalkannya.. Hal ini terjadi karena motivasi yang kurang dari pihak sekolah, orang tua bahkan lingkungan yang kurang mendukung, sebab motivasi itu bukan hanya timbul dari faktor intrinsiktetapi juga faktor ekstrinsik. Oleh karena itu Guru sebagai pendidik di sekolah dan orang tua sebagai pengontrol kegiatan di rumah perlu menjadikan media atau sarana yang ada di sekolah maupun di rumah sebagai alat motivasi bagi siswa. Media televisi Acara Hafidz Indonesia adalah suatu media yang didalamnya terdapat program televisi yaitu Hafidz Indonesia yang dapat menumbuhkan motivasi menghafal al Quran. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pengembangan media televisi acara hafidz Indonesiadi SDIT Ghilmani Ketintang Surabaya? (2) Bagaimana motivasi menghafal al Quran siswa kelas 3 SDIT Ghilmani Ketintang Surabaya? (3) Seberapa besar pengaruh media televisi dalam acara hafidz Indonesia terhadap motivasi menghafal al Quran siswa kelas 3 SDIT Ghilmani Ketintang Surabaya? Untuk menjawab masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian dokumentasi, interview, dan angket. Sedangkan
dalam penyajian dan analisis data, penulis menggunakan hitungan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian diperoleh harga koefisien korelasi (r)sebesar 0,595, kemudian untuk menguji signifikansi hasil korelasi digunakan uji t. dengan taraf signifikansi 5% dandk=83 diperoleh nilai t (0,05) (83) sebesar 1,664. Sedangkan t hitung sebesar 5,395 menyatakan ada hubungan positif atau hubungan searah antara kedua variabel. Dalam arti jika variabel X (pengaruh media televise dalam acara hafidz Indonesia) turun, maka variabel Y (motivasi menghafal al Quran siswa kelas 3) juga turun. Maka dapat disimpulkan bahwa t hitung > t (0,05) (83) sehingga hipotesis nol ditolak. Dengan demikian terdapat
pengaruh yang signifikan antara media televisi acara hafidz Indonesia terhadap motivasi menghafal al Quran siswa kelas 3 SDIT Ghilmani Ketintang sebesar 35,4% dengan asumsi bahwa variabel lainnya adalah konstan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ula, Nur Haibatulhaibahula1995@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Metode
Keywords: Motivasi Belajar; Televisi; Hafidz Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: haibah Haibatul Ula Nur
Date Deposited: 04 May 2016 08:33
Last Modified: 04 May 2016 08:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5590

Actions (login required)

View Item View Item