Analisis perilaku impulsive buying konsumen shopee dalam perspektif Imam Al-Ghazali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hayatunnisa, Nurul (2022) Analisis perilaku impulsive buying konsumen shopee dalam perspektif Imam Al-Ghazali. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Hayatunnisa_G74218116 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nurul Hayatunnisa_G74218116 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 October 2027.

Download (2MB)

Abstract

Kemunculan e-commerce telah merubah perilaku konsumen. Kegiatan konsumsi yang awalnya didasari oleh kebutuhan kini telah bergeser pada motivasi untuk memuaskan keinginan, mengikuti perkembangan tren, dan untuk mendapatkan pengakuan dari masyarakat. Hal ini membuat konsumen cenderung melakukan impulsive buying, karena keputusan pembelian diambil secara spontan dan tidak terencana. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku impulsive buying yang dilakukan oleh konsumen Shopee dan menganalisanya berdasarkan prinsip konsumsi dalam perspektif Imam Al-Ghazali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh tersebut dianalisa dengan teknik deskriptif kualitatif menggunakan konsep Miles and Huberman yang terdiri dari tahap data reduction, data display, dan conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku impulsive buying yang dilakukan oleh konsumen Shopee dipicu oleh suatu keinginan yang mendorong mereka untuk segera melakukan pembelian ketika melihat sebuah produk. Dorongan ini membuat mereka tidak dapat berpikir dan mempertimbangkan risiko jangka panjang dari pembelian tersebut. Keinginan ini juga sulit untuk dilawan karena ada semacam ketakutan apabila keinginan tersebut tidak dapat dipenuhi. Ketakutan ini berupa stock produk yang dapat habis kapan saja sebelum para konsumen membeli dan membuat mereka tidak dapat memakai dan menggunakan produk tersebut. Impulsive buying yang dilakukan oleh konsumen Shopee disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain waktu luang, tampilan produk yang menarik, promo gratis ongkos kirim dan voucher cashback, review yang dilakukan oleh pembeli dan selebriti maupun influencer, serta ketersediaan materi. Ditinjau dari prinsip konsumsi Imam Al-Ghazali, konsumen Shopee belum sepenuhnya menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam kegiatan konsumsi mereka. Oleh karena itu, konsumen Shopee harus lebih selektif dalam berbelanja untuk menghindari perilaku impulsive buying. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat skala prioritas untuk memilih hal apa saja yang termasuk dalam kebutuhan dan apa saja yang termasuk dalam keinginan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hayatunnisa, Nurulnurulhayatunnisa2@gmail.comG74218116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Perilaku
Konsumen
Keywords: Impulsive buying; shopee; prinsip konsumsi Imam Al-Ghazali
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Hayatunnisa
Date Deposited: 11 Oct 2024 12:40
Last Modified: 11 Oct 2024 12:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57003

Actions (login required)

View Item View Item