This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Prayogi, Nur Setyo (2016) Strategi Branding Majalah Aula tentang Organisasi Nahdlatul Ulama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (594kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Nahdlatul Ulama merupakan organisasi kemasyarakatan dakwah Islam diIndonesia yang lahir sejak tahun 1926. Sebagai organisasi dakwah yang besardibutuhkan media untuk mendukung dakwahnya. Majalah Aula sebagai media
yang dimiliki oleh Nahdlatul Ulama memiliki peran untuk mendukung penuhterhadap visi Nahdlatul ulama dalam dakwahnya. Di sini pula peran Majalah Aula
sebagai media massa untuk turut serta membangun citra positif atau menjadimedia yang berperan dalam membranding segala yang bersangkutan dengan NU.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana strategi yangdigunakan majalah Aula untuk membangun dan menjaga citra, identitas ataubrand dari organisasi Nahdlatul Ulama’. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui strategi yang digunakan majalah Aula dalam membangun danmenjaga brand organisasi Nahdlatul Ulama’. Pendekatan yang digunakan ialahpendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik analisis dari data yang telah
didapatkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, majalah Aula sebagai medianyamilik NU tetap terus membangun citra positif NU dan senantiasa memberikanpembelaan atau menepis segala kemungkinan yang dapat menjelekkan NU.
Melalui brand positioning yang disandang NU sebagai organisasi yang berpahamAhlussunnah Waljama’ah dan organisasi yang menggagas “Islam Nusantara”
majalah Aula menggunakannya sebagai amunisi untuk dijadikan strategi yangmampu menjadikan Nahdlatul Ulama menjadi organisasi yang dipandangmemiliki kiprah kesejagatan yang besar. Dengan berbagai terobosan baru yang
diimplementasikan pada majalahnya menjadi strategi pendukung dalam setiaplangkah pembrandingannya. Hal tersebut dilakukan dengan cara mempublikasi
secara berlanjut dalam setiap terbitannya, dengan mempublikasi aktivitas positif
NU dan mengangkat kritikan yang disampaiakan secara sopan terhadap NUmelalui redaksinya.
Bertitik tolak dari penelitian ini, saran yang kiranya dapat menjadi bahanperitimbangan dalam peningkatan atau dalam menjaga citra NU sebagaiorganisasi yang membawa paham Ahlussunnah Waljama’ah adalah denganmengadakan kegiatan kehumasan atau kegiatan-kegiatan dari pihak majalah Aula
sendiri, misalnya seminar atau diskusi terbuka, kompetisi yang berkaitan denganNU, atau semacam kegiatan-kegiatan yang dapat menyentuh masyarakat lebihdalam. Sehingga antusias, kontribusi dan perhatian dari publik atau masyarakatdapat terwadahi dengan adanya kegiatan semacam itu.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ilmu Komunikasi Iklan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | Nur Setyo Prayogi | ||||||||
Date Deposited: | 12 Apr 2016 05:17 | ||||||||
Last Modified: | 17 Feb 2020 04:14 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5712 |
Actions (login required)
View Item |