This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fitriyah, Fajar Rotin (2016) TELAAH KONSEP PEMIKIRAN TAN MALAKA DALAM POLITIK PENDIDIKAN BERKARAKTER KE-INDONESIAAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (772kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (135kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini meneliti dan menganalisis secara mendalam tentang pemikiran.Tan Malaka Dalam Politik Pendidikan Berkarakter Keindonesiaan Perspektif Pendidikan Islam. Ada dua pertanyaan yang akan dijawab dalam penelitian ini : (1)Konsep pemikiran Tan Malaka dalam politik pendidikan berkarakter ke-Indonesiaan(2) Bagaimana perspektif pendidikan Islam dalam melihat konsep pemikiran Tan
Malaka dalam politik pendidikan berkarakter ke-Indonesiaan.
Jenis penelitian ini menekankan Riset Perpustakaan (library research) dengan metode intepretasi, dan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan konsep
pemikiran Tan Malaka dalam politik pendidikan berprinsip kerakyatan sebagai landasan filosofis dalam praksis pendidikan. Dalam konsep Tan Malaka bahwa
pendidikan tak dapat terpisah dalam mempelajari hakekat realita yang merupakan
pusat dari setiap konsep pendidikan. Mendidik murid mempunyai kemandirian dalam
berkarya, membentuk kepribadian tangguh, percaya diri dalam segala hal dan rasa
tanggung jawab. Dan berorientasi ke bawah, artinya mendidik murid untuk mencintai
kaum kromo dan pekerjaannya (bertani, berladang, bertukang).
Sosok Tan Malaka dikenal sebagai tokoh komunis tulen, namun apabila
dilihat kembali visi pendidikan yang ingin ditanamkannya sangat mendekati tujuan
pendidikan Islam dimana tujuan pendidikan Islam yaitu untuk menciptakan manusia
yang mempunyai akhlakul karimah dan menjadi insan kamil. Meskipun seperti
dikatakan oleh Poeze bahwa sekolah rakyat didirikan oleh Tan Malaka tersebut hasil
dia berkelana ke Belanda dan Rusia. Namun teryata itu tidak sepenuhnya, pendidikan
pesantren tradisional ala Nahdliyin juga menginspirasi bagi pendirian sekolah rakyat
yang didirikan Tan Malaka tersebut. Selain pola pendidikan berasrama yang
diperuntukkan bagi kaum tidak mampu, hal yang juga mengispirasi Tan Malaka
adalah peran Mbah Hasyim dalam menanamkan benih-benih kemandirian. Secara
tersirat konsep politik pendidikan berkarakter Tan Malaka dengan pendidikan Islam
dapat dikembalikan pada dimensi teosentris, yaitu seruan untuk membaca (iqra’),
membaca diri sendiri atau andir (analisis diri), dan membaca alam sekitar atau ansos
(analisis sosial). Dan ini dalam pendidikan Islam merupakan fungsi paling utama.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Biografi Sosiologi Islam |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | fitriyah fajar rotin | ||||||
Date Deposited: | 25 Apr 2016 03:23 | ||||||
Last Modified: | 25 Apr 2016 03:23 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5894 |
Actions (login required)
View Item |