Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan realistic mathematics education berbantuan aplikasi live worksheet untuk melatih kemampuan penyelesaian masalah matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faricha, Nia Agustina (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan realistic mathematics education berbantuan aplikasi live worksheet untuk melatih kemampuan penyelesaian masalah matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nia Agustina Faricha_ D04219007 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Realistic mathematics education (RME) merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran matematika yang mengarah kepada bagaimana proses peserta didik dalam menemukan sesuatu, bukan kepada keberhasilan peserta didik dalam memperoleh sesuatu. Dalam pendekatan ini menggunakan masalah yang nyata yang bisa dibayangkan oleh peserta didik sehingga memudahkan peserta didik dalam memahami. Pendekatan ini memiliki lima karakteristik yaitu penggunaan konteks, penggunaan model untuk matematisasi progresif, pemanfaatan hasil konstruksi siswa, interakivitas dan keterkaitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME) berbantuan aplikasi live worksheet agar menjadi perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk melatih kemampuan penyelesaian masalah matematika. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP (Rencana Pelakasanaan Pembelajaran) yang mengacu pada pendekatan realistic mathematics education (RME) dan E-LKPD (Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik) yang dikembangkan dengan aplikasi live worksheet. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation dan evaluation). Penelitian ini diterapkan kepada siswa kelas VIII-A di SMPN 1 Baureno Bojonegoro sebanyak 32 anak. Data dikumpulkan dengan beberapa teknik yaitu catatan lapangan (field note), validasi, angket respon peserta didik dan tes. Data yang diperoleh tersebut akan dianalisis menggunakan analisis proses pengembangan dengan catatan lapangan (field note), analisis kevalidan, analisis kepraktisan dengan lembar validasi dan analisis keefektifan dengan angket respon dan hasil tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : 1) Pada proses pengembangan, pada tahap analisis didapatkan data mengenai materi, perangkat pembelajaran yang digunakan dan kurikulum yang digunakan pada SMPN 1 Baureno yaitu kurikulum 2013. Pada tahap perancangan, didapatkan rancangan perangkat pembelajaran secara konseptual dan lembar validasi untuk menilai perangkat pembelajaran. Pada tahap pengembangan, menghasilkan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dan divalidasi. Pada tahap penerapan, menerapkan perangkat pembelajaran kepada siswa kelas VIII-A di SMPN 1 Baureno pada dua pertemuan. Pada tahap evaluasi, didapatkan hasil evaluasi dan hasil olah data untuk mengetahui nilai keefektifan dari perangkat pembelajaran yang diterapkan. 2) Perangkat pembelajaran dinyatakan “valid” dengan rata-rata total kevalidan RPP 3,93 yang termasuk dalam kriteria “valid”, dan E-LKPD sebesar 4,192 yang termasuk dalam kriteria “sangat valid”. 3) Perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis” pada kriteria “B” dengan rata-rata total nilai kepraktisan sebesar 82,045 yang berarti dapat digunakan dengan sedikit revisi. 4) Perangkat pembelajaran dinyatakan “efektif”’ untuk melatih kemampuan penyelesaian masalah matematika dengan angket respon siswa sebesar 85% dengan kriteria “sangat positif” dan mendapatkan nilai rata-rata tes seluruh siswa sebesar 85,46 dengan persentase ketuntasan klasikal lebih dari 75% yaitu 81,25%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faricha, Nia Agustinaniea1708@gmail.comD04219007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Pendidikan > Matematika Realistik
Keywords: Pendekatan realistic mathematics education (RME); live worksheet; kemampuan penyelesaian masalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nia Agustina Faricha
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:45
Last Modified: 10 Aug 2023 08:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64092

Actions (login required)

View Item View Item