Pengaruh model pembelajaran predict observe explain (POE) berbantuan PhET simulation terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Cerme pada materi getaran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikah, Imroatus (2023) Pengaruh model pembelajaran predict observe explain (POE) berbantuan PhET simulation terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Cerme pada materi getaran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imroatus Sholikah_D0A218008.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman konsep dalam mata pelajaran IPA Terpadu siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Cerme. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang masih dibawah KKM. Hal ini disebabkan Proses pembelajaran masih dipusatkan pada guru. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dan memberikan inovasi model pembelajaran untuk melihat pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbantuan PhET Simulation terhadap pemahaman konsep siswa. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbantuan PhET Simulationterhadap pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan untuk menguji masalah adalah Non-Equivalent Control Group Design. Desain penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol di SMP Muhammadiyah 7 Cerme. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan test. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis hasil observasi dan uji Independent T-test untuk hasil test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbantuan PhET Simulation terhadap pemahaman konsep siswa. Hal ini dibuktikan melalui hasil output data dari uji Independent T-test yang menunjukkan data posttest kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 dan data pretest diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,21 > 0,05 dengan bukti hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikah, Imroatussholikahikaa2302@gmail.comD0A218008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati L, Srisri_hidayati@uinsby.ac.id0925018203
Thesis advisorInayah, Naililnailil.inayah@uinsby.com2020068902
Subjects: Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Keywords: Model pembelajaran predict observe explain (POE); PhET simulation; pemahaman konsep siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Imroatus Sholikah
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:02
Last Modified: 08 Sep 2023 03:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64915

Actions (login required)

View Item View Item