Pencerapan nilai hiburan dan pesan dakwah bagi Audience di Program Kiswah TV9 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najikh, Ahmad Hayyan (2016) Pencerapan nilai hiburan dan pesan dakwah bagi Audience di Program Kiswah TV9 Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan televisi yang secara umum fungsi-fungsinya lebih didasari pada keuntungan material dan ideologis. Sehingga berbagai tayangan yang disajikanpun dikemas sedemikian rupa dan dominan dalam bentuk suguhan hiburan yang menyenangkan. Dalam program penyiaran nilai-nilai agamapun juga demikian, yang kemudian muncullah istilah Dakwahtainment. Pemilihan TV9 dengan acara khasnya berupa program Kiswah karena secara prinsip mereka menganut paham Entertained Dakwah, yang bertolak belakang dengan paham Dakwahtainment. Dakwah tetap menjadi subtansi utama dan hiburan merupakan penunjang keberhasilan dakwah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pencerapan nilai hiburan dan pesan dakwah bagi audience terhadap program Kiswah TV9 Surabaya dan bagaimana bentuk efek dari proses pencerapan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis resepsi sebagai metodologi dalam menganalisis audience, yang mana prosesnya meliputi mengumpulkan data dari khalayak, menganalisis hasil atau temuan dari wawancara dan melakukan interpretasi terhadap pengalaman dari audiencenya. Sasaran penelitian ini adalah audience karena ingin mengetahui seberapa efektifkah sebuah konsep Entertained Dakwah yang dianut oleh TV9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Entertained Dakwah dalam program Kiswah TV9 Surabaya memang terbukti efektif dan dapat dipertahankan serta bisa jadi dikembangkan untuk aktivitas dakwah di dunia pertelevisian. Kebebasan para da’I dalam berdakwah di televisi tanpa ada settingan atau intervensi dari pihak televisi, semakin menambah maksimalnya kualitas proses dakwah yang berlangsung. Namun dari maksimalnya proses dakwah ini, belum menjamin maksimal pula proses pencerapan pesan dakwah oleh audience. Karena motivasi keikutsertaan audience dalam program Kiswah sangat berpengaruh sekali terhadap aktivitas selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Eahidah Zein Br Siregar
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najikh, Ahmad Hayyanhayyannajikh212@gmail.comF07213088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiregar, Wahidah Zeinwahidahzeinsiregar@yahoo.com2005016903
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Hiburan; Pesan Dakwah; Kiswah
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ahmad Najikh
Date Deposited: 25 Apr 2016 07:25
Last Modified: 19 Dec 2019 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6534

Actions (login required)

View Item View Item