This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Najikh, Ahmad Hayyan (2016) Pencerapan nilai hiburan dan pesan dakwah bagi Audience di Program Kiswah TV9 Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (361kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan televisi yang secara umum fungsi-fungsinya lebih didasari pada keuntungan material dan ideologis. Sehingga berbagai tayangan yang disajikanpun dikemas sedemikian rupa dan dominan dalam bentuk suguhan hiburan yang menyenangkan. Dalam program penyiaran nilai-nilai agamapun juga demikian, yang kemudian muncullah istilah Dakwahtainment. Pemilihan TV9 dengan acara khasnya berupa program Kiswah karena secara prinsip mereka menganut paham Entertained Dakwah, yang bertolak belakang dengan paham Dakwahtainment. Dakwah tetap menjadi subtansi utama dan hiburan merupakan penunjang keberhasilan dakwah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pencerapan nilai hiburan dan pesan dakwah bagi audience terhadap program Kiswah TV9 Surabaya dan bagaimana bentuk efek dari proses pencerapan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis resepsi sebagai metodologi dalam menganalisis audience, yang mana prosesnya meliputi mengumpulkan data dari khalayak, menganalisis hasil atau temuan dari wawancara dan melakukan interpretasi terhadap pengalaman dari audiencenya. Sasaran penelitian ini adalah audience karena ingin mengetahui seberapa efektifkah sebuah konsep Entertained Dakwah yang dianut oleh TV9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Entertained Dakwah dalam program Kiswah TV9 Surabaya memang terbukti efektif dan dapat dipertahankan serta bisa jadi dikembangkan untuk aktivitas dakwah di dunia pertelevisian. Kebebasan para da’I dalam berdakwah di televisi tanpa ada settingan atau intervensi dari pihak televisi, semakin menambah maksimalnya kualitas proses dakwah yang berlangsung. Namun dari maksimalnya proses dakwah ini, belum menjamin maksimal pula proses pencerapan pesan dakwah oleh audience. Karena motivasi keikutsertaan audience dalam program Kiswah sangat berpengaruh sekali terhadap aktivitas selanjutnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Eahidah Zein Br Siregar | ||||||||
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ilmu Komunikasi | ||||||||
Keywords: | Hiburan; Pesan Dakwah; Kiswah | ||||||||
Divisions: | Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Ahmad Najikh | ||||||||
Date Deposited: | 25 Apr 2016 07:25 | ||||||||
Last Modified: | 19 Dec 2019 07:58 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6534 |
Actions (login required)
View Item |