Aktualisasi layanan pendidikan Islam bagi siswa minoritas muslim di Denpasar Bali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

alaika, muhammad bagus putra sejati (2023) Aktualisasi layanan pendidikan Islam bagi siswa minoritas muslim di Denpasar Bali. PhD thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Alaika M. Bagus PS_F03119006.pdf

Download (12MB)

Abstract

Keberadaan minoritas sering dihadapkan pada minimnya dukungan dalam beragama. Mereka hidup dengan penuh ketidaknyamanan apabila prasyarat infrastruktur sosial tidak dapat diorkestrasi secara baik. Dalam konteks Bali, khususnya siswa minoritas muslim di SMA/ SMK baik negeri maupun swasta, siswa tersebut kurang mendapatkan layanan (Pendidikan Islam) dengan baik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi aktualisasi layanan pendidikan Islam bagi siswa minoritas muslim, mendeskripsikan praktik layanan pendidikan Islam bagi siswa muslim minoritas hingga model yang dipakai untuk mewujudkan layanan Pendidikan Islam bagi siswa minoritas dengan lokus di SMA/ SMK Denpasar Bali. Adapun penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan pendekatan pada penelitian ini menggunakan fenomenologi. Lokus penelitian berada di SMA negeri 2 Denpasar, SMA Negeri 7 Denpasar, SMK Negeri 1 Denpasar dan SMK Negeri 2 Denpasar. Juga demikian beberapa data didapatkan melalui 3 orang dari unsur kedinasan, 4 kepala sekolah, 3 guru PAI, 8 perwakilan siswa sebagai bahan FGD, dan 1 wakil kepala urusan kurikulum. Sehingga ada 8 orang yang menjadi objek pengambilan data penelitian. Adapun data utama, peneliti mendapatkan dari unsur guru PAI, kemudian siswa, dan yang terakhir adalah pemegang kebijakan dalam hal ini adalah pemerintah dan pimpinan sekolah. Kemudian sumber data didapat melalui wawancara terbuka kepada Kabid Pendis Kanwil Kemenag Provinsi Bali, Kasi Pendis Kemenag Kota Denpasar, Para Kepala Sekolah di 4 objek sekolah, 3 guru PAI di objek sekolah, dan 1 waka urusan kurikulum di SMA Negeri 2 Denpasar. Sedangkan Observasi dilakukan di SMK Negeri 2 Denpasar, dan FGD dilaksanakan oleh Guru PAI dan perwakilan siswa muslim. Juga demikian wawancara tertutup melalui angket disebarkan secara acak kepada siswa muslim melalui google form. Hasil penelitian disertasi ini Pertama, aktualisasi layanan Pendidikan Islam bagi siswa minoritas muslim di Denpasar Bali tercermin dari ketersediaan guru, layanan sarana pra sarana, layanan administrasi, layanan waktu, dan layanan kurikulum. Ketersediaan guru PAI di provinsi Bali sangat minim. Kedua, praktik layanan pendidikan Islam kepada siswa muslim di SMK/SMA di Denpasar tercermin dalam dua hal; praktik pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan praktik pembiasaan kegiatan keagamaan. Ketiga, Model layanan pendidikan Islam dalam penelitian ini adalah layanan mandiri (self service). Dalam konteks Bali, para guru lebih banyak melakukan eksplorasi mandiri guna menggali potensi peserta didik. Scara teoretik, penelitian ini juga menguatkan basis tiga teori yang ada bahwa tidak selamanya minoritas hanya mengekor pada mayoritas. Temuan kami justru minoritas Muslim di lingkungan sekolah Denpasar, Bali dapat menjadi agen inovasi dan perubahan sosial bagi ikatan masyarakat, sehingga model pelayanan pendidikan Islam pada setting minoritas dapat dikatakan sebagai model pelayanan kaktus sebagaimana kerangka tersebut dijelaskan pada implikasi teori.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
alaika, muhammad bagus putra sejatialexbagus.1992@gmail.comF03119006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDAssegaf, Abd Rachmanprofassegaf@gmail.com196403121995031001
UNSPECIFIEDThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id197407251998031001
Subjects: Layanan
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: aktualisasi layanan; pendidikan islam
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: alaika muhammad bagus putra sejati
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:18
Last Modified: 26 Sep 2023 03:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65522

Actions (login required)

View Item View Item