Pengaruh penggunaan Mal Pelayanan Publik terhadap efektivitas perpanjangan SIM berdasarkan Perbup Sidoarjo Nomor 37 Tahun 2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuningtyas, Octa (2022) Pengaruh penggunaan Mal Pelayanan Publik terhadap efektivitas perpanjangan SIM berdasarkan Perbup Sidoarjo Nomor 37 Tahun 2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Octa Wahyuningtyas_I71216074 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dimulai dari penulis yang tertarik dengan adanya Mal Pelayanan Publik sebagai sebuah tempat pelayanan publik atas barang, jasa serta pelayanan administrasi yang merupakan ekspansi fungsi pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah dan pelayanan BUMN/BUMD serta Swasta. Lalu Pemkab. Sidoarjo merupakan salah satu kabupaten/kota di Jawa Timur yang memiliki Mal Pelayanan Publik. Adapun rumusan masalah dari penelitian: 1) Bagaimana tingkat efektivitas Perbup Sidoarjo nomor 37 tahun 2018 tentang Mal Pelayanan Publik Sidoarjo, 2) Bagaimana tingkat keberhasilan implementasi Perbup Sidoarjo dalam pelayanan perpanjangan SIM, 3) Seberapa besar pengaruh efektivitas Perbup Sidoarjo nomor 37 tahun 2018 terhadap tingkat keberhasilan implementasi dalam pelayanan perpanjangan SIM. Untuk menjawab permasalahan ini, penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan komputer menggunakan program SPSS 26 for Windows. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah hasil analisis statistik menunjukkan data lapangan bahwa efektivitas Perbup Sidoarjo nomor 37 tahun 2018 tentang Mal Pelayanan Publik di Sidoarjo memiliki nilai rata-rata sebesar 3,8 yang dapat dikategorikan tinggi karena berada di antara 4,1-3,3. Hasil analisis statistik menunjukkan data lapangan bahwa tingkat keberhasilan implementasi Perbup Sidoarjo nomor 37 tahun 2018 dalam melayani perpanjangan SIM memiliki nilai sebesar 3,9 yang dapat dikategorikan tinggi karena berada di antara 4,1-3,3, dengan nilai tertinggi 4,08 yakni indikator peningkatan pelayanan dalam perpanjangan SIM untuk mempermudah masyarakat. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung lebih besar daripada ttabel hal ini menunjukkan bahwa diterimanya Ha yang mengatakan adanya pengaruh positif dan signifikan antara efektivitas Perbup Sidoarjo nomor 37 tahun 2018 terhadap tingkat keberhasilan implementasi dalam melayani perpanjangan SIM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuningtyas, Octaoctawahyuningtyas93@gmail.comI71216074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHolilah, HolilahUNSPECIFIED197610182008012008
Subjects: Layanan
Politik
Keywords: Efektivitas; Perbup Sidoarjo Nomor 37 Tahun 2018; Mal Pelayanan Publik; perpanjangan SIM
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Octa Wahyuningtyas
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:57
Last Modified: 26 Sep 2023 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65537

Actions (login required)

View Item View Item