Pengaruh pembiasaan membaca al-Qur'an pagi terhadap konsentrasi belajar siswa di MTS Nurul Huda Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saifulloh, Aris Abi (2022) Pengaruh pembiasaan membaca al-Qur'an pagi terhadap konsentrasi belajar siswa di MTS Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aris Abi Saifulloh D71218059 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 December 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Aris Abi Saifulloh D71218059.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjawab tiga pertanyaan dalam rumusan masalah, antara lain : (1) bagaimana pembiasaan membaca al-qur’an pagi di MTS Nurul Huda Sedati Sidoarjo, (2) bagaimana konsentrasi belajar siswa di MTS Nurul Huda Sedati Sidoarjo, (3) bagaimana pengaruh pembiasaan membaca al-qur’an pagi terhadap konsentrasi belajar siswa di MTS Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Adapun populasi sebanyak 357 peserta didik dan diambil sebagai sampel 11 % dari populasi yang ada yaitu sebanyak 39 peserta didik. Tempat penelitian dilaksanakan di MTS Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, kuisioner atau angket, dan wawancara. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) pembiasaan membaca Al-Qur’an pagi di MTS Nurul Huda Sedati mendapatkan nilai presentase yaitu 90,25 % yang diambil dari hasil angket. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa nilai ini menunjukkan dalam kategori tinggi. (2) konsentrasi belajar siswa di MTS Nurul Huda Sedati mendapatkan nilai presentase yaitu 87,56 % yang diambil dari hasil angket. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa nilai ini menunjukkan dalam kategori tinggi. (3) pengaruh pembiasaan membaca Al-Qur’an pagi terhadap konsentrasi belajar siswa di MTS Nurul Huda Sedati Sidoarjo didapatkan dari analisis regresi linier sederhana dengan hasil nilai f-hitung sebesar 12.380 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga terdapat pengaruh antara variabel X pembiasaan membaca Al-Qur’an pagi terhadap variabel Y konsentrasi belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saifulloh, Aris Abiabiaris97@gmail.comD71218059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorHunaidah, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Belajar
Al Qur'an
Budaya
Keywords: Pembiasaan; al-Qur’an; konsentrasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Abi Saifulloh
Date Deposited: 18 Dec 2024 01:30
Last Modified: 18 Dec 2024 01:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65542

Actions (login required)

View Item View Item