This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Apriani, Ayu Andri Herlis (2023) Pengaruh permainan Montesori terhadap kemampuan pra menulis pada anak prasekolah di ALFATH School The Effect of Montesori Games on Ability Pre-Writing for Preschool Children at ALFATH School Surabaya Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ayu Andri Herlis Apriani_D09219004 ok.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penerapan metode Montessori dalam mengelolah pendidikan dan pembelajaran di Alfath School Surabaya. Berbeda dari beberapa sekolah yang ada, AlFath School Surabaya secara eksplisit menerapkan metode montessori, hal ini tampak dari penggunaan nama sekolah “AlFath Islamic Preschool Baby Gym and Montessori Surabaya”. Atas dasar itulah penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh permainan montessori terhadap kemampuan pra menulis anak prasekolah di AlFath School Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuntitatif dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi, dokumetasi dan wawancara. Jenis data yang digunakan adalah jenis ex post facto, jenis penelitian ini berhubungan adanya sebab akibat suatu kejadian yang artinya penelitian ini sudah terjadi pada subjek sebelum peneliti melakukan suatu penelitian, yang mana proses kegiatan yang dilakukan berupa menyajikan data pada variabel, pemberian skor pada tiap instrumen kegiatan, kemudian melakukan perhitungan, menguji validitas, menguji normalitas, menguji reliabilitas, uji linieritas, uji regresi linier sederhana dan menguji hipotesis menggunakan perhitungan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan montessori di Alfath School Surabaya sudah sangat baik, dapat dilihat dari hasil total skor yang diperoleh adalah 239 termasuk kategori sangat baik. Dan untuk kemampuan pra menulis pada anak di Alfath School Surabaya juga sangat baik yang dapat dilihat dari hasil total skor yaitu 246 termasuk kategori sangat baik dari kegiatan tracing huruf hijaiyah, menulis di atas pasir dan memegang pensil dengan 3 jari. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis yaitu uji T diketahui nilai t hitung adalah 1.746 > t tabel 1.721 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh permainan montessori terhadap kemampuan pra menulis anak. Diperoleh hasil R Square sebesar 0,127 yang menunjukan bahwa permainan montessori memberikan pengaruh sebesar 12,7% terhadap kemampuan pra menulis anak, sisanya sebesar 87,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang
tidak diteliti.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Menulis Pendidikan Psikologi Belajar Pendidikan > Pendidikan Anak |
||||||||||||
Keywords: | Permainan Montessori; Kemampuan Pra Menulis | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal | ||||||||||||
Depositing User: | Ayu Andri Herlis Apriani | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Oct 2023 10:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Oct 2023 10:40 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66079 |
Actions (login required)
View Item |