Pengaruh tingkat religiusitas orang tua dan latar belakang pendidikan peserta didik terhadap kompetensi baca al-Qur’an di SMA Negeri 3 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustawa, Hakka Ahmadia (2023) Pengaruh tingkat religiusitas orang tua dan latar belakang pendidikan peserta didik terhadap kompetensi baca al-Qur’an di SMA Negeri 3 Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hakka ahmadia mustawa_F02319047.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Hakka ahmadia mustawa_F02319047_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2028.

Download (3MB)

Abstract

Dilatar belakangi Agama Islam memerintahkan kepada umatnya untuk mempelajari serta mengajarkan kitab suci al-Qur’an, karena al-Qur’an adalah sumber dari segala sumber ajaran Islam yang mencakup segala aspek kehidupan manusia. Tugas ini menjadi tanggung jawab semua aspek, khususnya orang tua dan guru. Salah satu problem yang cukup mendasar adalah kondisi obyektif umat Islam dewasa ini, salah satunya adalah buta akan al-Qur’an hal ini ditunjang penelitian oleh Institut Ilmu Al-Qur’an (IIA) Jakarta menyebutkan bahwa 65 persen umat Islam di Indonesia ternyata masih buta aksara al-Qur’an. perbedaan hasil penelitian penelitian sebeumnya tentang kemampuan membaca al-Quran peserta didik. Penelitian ini termasuk kategori penelitian kuantitatif dengan meneliti sesuatu yang telah terjadi. Penelitian ini disebut penelitian ex-post facto dengan melakukan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dengan menggunakan uji T dan uji F. Kemudian menghasilkan angka angka yang menunjukkan hasil dari penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menemukan hasil penelitian berupa variabel religiusitas orang tua memiliki nilai signifikansi sebesar 0.000, nilai tersebut lebih kecil dari 0.05. Sedangkan untuk t hitung didapatkan nilai sebesar 3.449 > ttabel (1.984) dan Variabel Latar Belakang Pendidikan Peserta Didik memiliki nilai signifikansi sebesar 0.003, nilai tersebut lebih kecil dari 0.05. Sedangkan untuk t hitung didapatkan nilai sebesar 3.008 > ttabel (1.984) maka Religiusitas Orang tua dan Latar Belakang Pendidikan Peserta Didik berpengaruh terhadap variabel Kemampuan Membaca Al Quran Peserta Didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustawa, Hakka Ahmadiahakka.mustawa@gmail.comF02319047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moch.mochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Al Qur'an
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pengaruh; religiusitas; orang tua; latar belakang pendidikan; peserta didik; kemampuan membaca al-Quran
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hakka Ahmadia Mustawa
Date Deposited: 22 May 2025 05:16
Last Modified: 22 May 2025 05:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66160

Actions (login required)

View Item View Item