This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nadifah, Nur Lailatun (2023) Pengaruh penggunaan media benda konkret terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas IV MI Darul Hidayah Sudimoro, Tulangan, Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nur Lailatun Nadifah_D77218051 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Nur Lailatun Nadifah_D77218051 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 26 February 2027. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika terutama pada materi bangun datar. Hal ini terjadi karena, stigma negatif tentang mata pembelajaran matematika yang dianggap sulit terutama pada materi bangun datar yang memerlukan menghafal rumus sehingga dengan anggapan tersebut menjadikan siswa malas dan tidak suka belajar matematika, kemudian kurangnya kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Atas dasar permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV MI Darul Hidayah Sudimoro, Tulangan, Sidoarjo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media benda konkret, bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan media benda konkret lalu apakah terdapat pengaruh dari penggunaan media benda konkret terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas IV MI Darul Hidayah Sudimoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental dan dengan disain penelitian nonequivalent control group design. Adapun variabel independen (bebas) berupa media benda konkret sedangkan variabel dependen (terikat) berupa Hasil belajar matematika materi bangun datar pada kelas IV MI Darul Hidayah Sudimoro. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan hasil belajar matematika materi bangun datar pada kelas IV yang menggunakan media benda konkret memperoleh nilai rata-rata sebesar 79,27 sedangkan hasil belajar matematika materi bangun datar pada kelas IV yang tidak menggunakan media benda konkret memeperoleh nilai rata-rata sebesar 66,54 sehingga dari kedua hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada kelas IV yang menggunakan media benda konkret lebih tinggi dengan selisih 12,73. Selain itu berdasarkan hasil uji independent sampel T-Test memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media benda konkret terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar siswa kelas IV di MI Darul Hidayah Sudimoro.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Matematika Realistik |
||||||||||||
Keywords: | Media Benda Konkret; Hasil Belajar; Bangun Datar. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Nur Lailatun Nadifah | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Feb 2024 02:52 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Feb 2024 02:52 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66827 |
Actions (login required)
View Item |