This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Makrifah, Mimik (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KANCING PUTIH DAN KANCING HITAM SISWA KELAS IV MI NURUL ULUM GRABAGAN TULANGAN SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena perlunya dilakukan perubahan dalam peningkatan hasil belajar. Adanya beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar Matematika yaitu guru masih menyampaikan materi dengan ceramah, kurang memberi motivasi belajar dan dalam proses pembelajaran kurang melibatkan siswa secara aktif. Tindakan perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan di kelas IV MI Nurul Ulum Grabagan Tulangan Sidoarjo. Jumlah siswa sebanyak 14 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan perbaikan ini dilaksanakan dalam 2 siklus PTK dengan media kancing putih dan kancing hitam.
Dari uraian diatas, peneliti merumuskan masalah 1. Bagaimana penggunaan media kancing putih dan kancing hitam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Nurul Ulum Grabagan pada pelajaran Matematika materi penjumlahan bilangan bulat. 2. Apakah penggunaan media kancing putih dan kancing hitam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Nurul Ulum Grabagan pada pelajaran Matematika materi penjumlahan bilangan bulat.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui proses pembelajaran Matematika dengan menggunakan media kancing putih dan kancing hitam. 2. Untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran Matematika dengan materi penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV Mi Nurul Ulum Grabagan .
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif, untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian – kajian reflektif, partisipatif dan kolaboratif. Metode penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart melalui dua tahapan siklus penelitian tindakan kelas. Intrumen pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media kancing putih dan kancing hitam dapat (1) Meningkatka aktifitas guru dalam pembelajaran, yaitu 86 % (siklus I) menjadi 94 % (siklus II), serta kektifan siswa 75 % (siklus I) menjadi 91 % (siklus II). (2) Meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus yaitu 50 % (siklus I) menjadi 100 % (siklus II). Dari hasil pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I sampai dengan siklus II menunjukkan peningkatan hasil pembelajaran yang maksimal. Dengan demikian tindakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media kancing putih dan kancing hitam dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa materi penjumlahan bilangan bulat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Maunah Setyawati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Matematika Realistik |
||||||
Keywords: | Hasil Belajar; Matemetika; Penjumlahan Bilangan Bulat; Media Kancing Putih Dan Kancing Hitam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 12 Feb 2015 04:50 | ||||||
Last Modified: | 12 Feb 2015 04:50 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/687 |
Actions (login required)
View Item |