This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sukawati, Ken Endang (2024) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepercayaan donatur dengan reputasi lembaga sebagai variabel moderasi di Lembaga Amil Zakat dompet amanah umat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ken Endang Sukawati_04010420011 full.pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2027. Download (1MB) |
|
Text
Ken Endang Sukawati_04010420011.pdf Download (1MB) |
Abstract
Membangun organisasi nirlaba yang kredibel dan bebas masalah merupakan sebuah tantangan. Banyak organisasi nirlaba mengalami kesulitan dalam mendapatkan dana, yang dapat mengganggu operasional organisasi dan berisiko menyebabkan kehancuran. Fenomena ini sering kali disebabkan oleh kurangnya kepercayaan dari calon donatur yang masih merasa ragu. Kepercayaan donatur terhadap lembaga nirlaba atau organisasi amal adalah faktor kunci dalam mendukung kelangsungan operasional lembaga serta keberhasilan program-program sosial yang dijalankan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan donatur adalah kualitas pelayanan dan reputasi lembaga. Kualitas pelayanan dan reputasi merupakan usaha dalam menanamkan rasa kepercayaan kepada donatur. Organisasi nirlaba yang menjadi fokus penelitian ini adalah Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat. Pemilihan lembaga tersebut dilakukan karena merupakan lembaga Amil Zakat yang beroperasi secara provinsi dan telah resmi diizinkan oleh Kementerian Agama. Lembaga ini sedang dalam fase berkembang dan berupaya meningkatkan jumlah donaturnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dan reputasi lembaga terhadap kepercayaan donatur, serta pengaruh reputasi lembaga terhadap hubungan kualitas pelayanan dengan kepercayaan donatur di LAZ Dompet Amanah Umat. Data dalam penelitian ini diperoleh dari 43 responden donatur kawasan transfer LAZ Dompet Amanah Umat melalui penyebaran kuesioner sebagai data primer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS (Partial Least Square) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS V.4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan donatur, nilai hubungan kualitas pelayanan dalam menjelaskan kepercayaan donatur adalah kuat yaitu 74.2% (pengaruh tinggi), dan reputasi lembaga tidak memoderasi pengaruh
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Layanan Manajemen Dakwah Panti Asuhan |
||||||||
Keywords: | Pelayanan; kepercayaan donatur; reputasi lembaga; variabel moderasi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah | ||||||||
Depositing User: | Ken Endang Sukawati | ||||||||
Date Deposited: | 03 May 2024 08:31 | ||||||||
Last Modified: | 06 May 2024 08:12 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69910 |
Actions (login required)
View Item |