This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fadilah, Irfan (2023) Strategi marketing politik DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Surabaya dalam mempertahankan suara pemilih Islam Kota Surabaya pada pemilu legislatif 2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Irfan Fadilah_E94219022.pdf Download (2MB) |
|
Text
Irfan Fadilah_E94219022_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 22 May 2027. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pemilu legislatif di kota Surabaya tahun 2019. PDIP sebagai partai pemenang di kota Surabaya yang notabennya sebagai partai nasionalis, ternyata banyak diminati juga oleh pemilih Islam kota Surabaya. Pada pemilu 2019 PDIP mampu meraih dan mempertahankan suara yang signifikan di kalangan pemilih muslim kota Surabaya yang sebelumnya PDIP kerap kali dituding sebagai partai komunis dan anti Islam. Sehingga penelitian ini ingin mengetahui bagaiamana strategi marketing politik yang dilakukan oleh DPC PDIP dalam mempertahankan suara pemilih Islam kota Surabaya pada pileg 2019. Penelitian ini menggunkan teori marketing 4P Niffeneger, product, promotion, price, and place. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik penentuan informan menggunakan purpossive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data mengikuti pola Miles dan Huberman dengan model interaktif, yaitu mengumpulan, mereduksi, penyajian data yang ada, dan melakukan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, strategi marketing DPC PDIP dalam mempertahankan suara pemilih muslim kota surabaya pada Pileg 2019 secara product dengan menggunakan beberapa strategi seperti mengandalkan program kerja bamusi, peringatan setiap hari besar Islam, santunan yatim-piatu, program santri hafal qur’an, program membangun komunikasi dengan ormas, kebijakan perbaikan honorarium guru ngaji, dan program bantuan di lembaga mengajar serta ziarah. Selain itu juga mengkomunikasikan kepada pemilih muslim, selalu menunjukan hasil-hasil kerja partai PDIP. Serta tampil sederhana dan berkarakteristik pemimpin yang baik. Kedua, secara promotion dengan menggunakan strategi penekanan turun lapangan setiap dapil, media Sosial, Baner, pamflet, baliho, dan tim khusus. Sosialisasi secara langsung program/produk serta dengar pendapat, dan penetralisiran isu politik identitas. Ketiga, secara Price dari aspek ekonomi dana ke kampanye kisaran dari Rp, 1.000.000.000. Kurang lebih dibebankan ke masing-masing caleg. DPC PDIP dalam mempertahankan Islam juga diserahkan ke caleg masing-masing yang salah satunya mengandalkan latar belakang caleg untuk menarik pemilih terkhususnya pemilih Islam. Keempat, secara place menggunakan beberapa cara yaitu membentuk Tim Khusus, memanfaatkan 20.117 tim kampanye kader-kader dan tim-tim khusus, dan Tim khusus 20 orang (tim update isu terkini)
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ideologi Politik Ideologi Islam Partai Politik |
||||||||
Keywords: | Marketing politik; pemilih Islam; DPC PDI-P | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam | ||||||||
Depositing User: | Fadilah Irfan Fadilah Irfan | ||||||||
Date Deposited: | 22 May 2024 05:38 | ||||||||
Last Modified: | 22 May 2024 05:38 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70239 |
Actions (login required)
View Item |