This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aini, Ida Nur (2023) Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui model problem based learning dalam meningkatkan keaktifan siswa di UPT SMP Negeri 2 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ida Nur Aini_D71219067.pdf Download (3MB) |
|
Text
Ida Nur Aini_D71219067_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 7 June 2027. Download (3MB) |
Abstract
Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa di UPT SMP Negeri 2 Gresik. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Model Problem Based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa pada proses pembelajaran dalam penyelesaian suatu masalah. Model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran PAI di UPT SMP Negeri 2 Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui desain atau perencanaan pembelajaran PAI melalui model Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan siswa, (2) Implementasi pembelajaran PAI melalui model Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan siswa, dan (3) hasil pembelajaran PAI melalui model Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan siswa di UPT SMP Negeri 2 Gresik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif field research dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran yang dilakukan meliputi, menyiapkan perangkat pembelajaran, memilih bahan pembelajaran yang sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan. (2) Pelaksanaan pembelajaran meliputi, menyampaikan tujuan, membagi kelompok, mengkondisikan siswa saat diskusi, mempresentasikan hasil diskusi, dan mengevaluasi hasil diskusi dengan memberikan penguatan hasil diskusi. (3) Hasil pembelajaran dapat diketahui melalui evaluasi pembelajaran, evaluasi yang digunakan meliputi, tes tulis untuk evaluasi pengetahuan, observasi guru pada saat pembelajaran untuk evaluasi sikap, dan evaluasi ketrampilan seperti mempresentasikan hasil karya, bertanya, dan memberikan pendapat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Metode |
||||||||||||
Keywords: | Pembelajaran pai; model problem based learning; keaktifan siswa | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Ida Aini | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2024 08:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2024 08:21 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70389 |
Actions (login required)
View Item |