This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Putri, Eka Salma Nur Afifa (2024) Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok b2 melalui media Busy Book di RA Masjid Al Akbar Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Eka Salma Nur Afifa Putri_06020920019 OK.pdf Download (3MB) |
|
Text
Eka Salma Nur Afifa Putri_06020920019 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 6 June 2027. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media busy book dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media busy book, yang mana sebelumnya kegiatan membaca yang dilaksanakan di sekolah hanya menggunakan buku bacaan yang menyebabkan pembelajaran. membaca kurang menarik dan cenderung monoton. Kegitan membaca menggunakan media busy book dapat memberikan kesan yang menyenangkan bagi anak karena media busy book memiliki warna yang cerah dan terdapat gambar yang bisa membuat anak sibuk dengan kegiatan membaca sesuai dengan nama media yaitu busy book yang artinya buku sibuk. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dan pengambilan. data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode penelitian ini merupakan metode yang menggunakan model dari Kurt Lewin. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B2 melalui media busy book di RA Masjid Al Akbar Surabaya mendapatkan hasil yang memuaskan. Perolehan skor aktivitas guru pada siklus I yaitu 73,3 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 91,6. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 72,91 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 89,58. 2) kemampuan membaca permulaan anak kelompok B2 melalui media busy book memperoleh hasil yang memuaskan. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Nilai rata-rata pada siklus I yaitu 76,44 kemudian saat siklus II meningkat menjadi 87,24. Presentase ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 64,70% dan meningkat menjadi 82,35% pada siklus II.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Anak Pendidikan Pendidikan > Media Pendidikan > Minat Baca |
||||||||||||
Keywords: | Membaca Permulaan; Media Busy Book; Anak Kelompok B | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | Eka Salma Nur Afifa Putri | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Jun 2024 01:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Jun 2024 01:46 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70408 |
Actions (login required)
View Item |