Penerapan model pembelajaran predict observe explain dalam meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'rifah, Hidayatun Akyuninah (2024) Penerapan model pembelajaran predict observe explain dalam meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayatun Akyuninah Ma'rifah_06040120079 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hidayatun Akyuninah Ma'rifah_06040120079 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 June 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta jenis penelitiannya adalah studi kasus, yang berfokus pada kasus tertentu dan dianalisis dengan cermat ditambah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan ialah kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti: Desain pembelajaran Predict Observe Explain pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Lamongan ialah guru PAI mempersiapkan fasilitas yang akan digunakan dalam penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain yaitu LCD proyektor dan power point yang bertujuan untuk memberikan suatu gambaran permasalahn yang disajikan kepada siswa untuk di prediksi siswa, lembaran kertas untuk masing-masing kelompok bertujuan untuk mencatat dari hasil yang permasalahan yang di prediksi. Sehingga siswa dapat dengan mudah memecahkan sebuah permasalahan. Tingkat berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI sudah meningkat 99 % dilihat dari cara siswa memprediksi, berdiskusi, berpendapat, menjelaskan dan hasil nilai yang di peroleh siswa sebelum dan sesudah model pembelajaran Predict Observe Explain diterapkan. Langkah-langkah penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain ini adalah siswa memprediksi suatu permasalahan yang disajikan oleh guru dalam bentuk gambaran, kemudian diobservasi dengan dicatat ha-hal yang penting dari hasil berpikir kristisnya dalam memecahkan permaslahan tersebut, dan di jelaskan di depan kelas dari hasil observasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'rifah, Hidayatun Akyuninahayunnina2002@gmail.com06040120079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Subjects: Agama
Pendidikan
Keywords: Predict Observe Explain; berpikir kritis; PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayatun Akyuninah Ma'rifah
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:22
Last Modified: 06 Jun 2024 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70421

Actions (login required)

View Item View Item