This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Putri, Evana Eka (2024) Implementasi pendekatan Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 5 Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Evana Eka Putri_06040120075 full.pdf Restricted to Repository staff only until 7 June 2027. Download (3MB) |
|
Text
Evana Eka Putri_06040120075.pdf Download (3MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul Implementasi Pendekatan Technological, Pedagogical, And Content Knowledge (TPACK) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 5 Bojonegoro ditulis untuk menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam beberapa rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pendekatan Technological, Pedagogical, And Content Knowledge (TPACK) pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 5 Bojonegoro? 2) Bagaimana pelaksanaan pendekatan Technological, Pedagogical, And Content Knowledge (TPACK) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 5 Bojonegoro? 3) Bagaimana dampak pendekatan Technological, Pedagogical, And Content Knowledge (TPACK) pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 5 Bojonegoro?Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan, pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pendekatan TPACK dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti selalu direncanakan sebelum melakukan kegiatan pembelajaran. Adapun hal-hal yang dilakukan guru dalam merancang pembelajaran termuat dalam RPP maupun modul ajar, mempersiapkan materi dan media pembelajaran, serta mengikuti program Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sekolah (MGMPS). Adapun media yang biasa digunakan oleh para guru yakni menggunakan perangkat peras (hardware), seperti laptop, LCD, proyektor, dan pengeras suara serta menggunakan perangkat lunak (software) yaitu microsoft office yang meliputi microsoft word, microsoft power point, dan microsoft excel. 2) Pelaksanaan pendekatan TPACK dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berjalan dengan optimal sesuai dengan perencanaan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Pelaksanaan pembelajaran diawali dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup yang menggunakan pemanfaatan teknologi, seperti penggunaan handphone, laptop, LCD, proyektor, dan pengeras suara. Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan menggunakan pendekatan TPACK berhasil membuat peserta didik lebih antusias dan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, SMPNegeri 5 Bojonegoro sering mengadakan worskhop, pelatihan, Training of Trainer(TOT) dari dana alokasi khusus untuk pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). Hal tersebut merupakan komitmen untuk menjadi professional dalam layanan kepada peserta didik. 3) Dampak pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan pendekatan TPACK bagi guru sangat memudahkan, baik dalam hal mempersiapkan, melaksanakan, dan evaluasi pembelajaran. Penyampaikan materi pembelajaran menjadi inovatif, sehingga membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan dapat menerima materi pelajaran secara efektif. Sedangkan, bagi peserta didik implikasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan pendekatan TPACK membuat mereka lebih tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, sehingga membuat peserta didik lebih mudah dalam menerima dan memahami materi yang disampaikan oleh guru.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Islam Pendidikan Teknologi |
||||||||||||
Keywords: | Technological; Pedagogical; and Content Knowledge (TPACK); pembelajaran PAI; budi pekerti | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Evana Eka Putri | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Jun 2024 07:19 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Jun 2024 07:19 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70489 |
Actions (login required)
View Item |