This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Muliani, Dyah Ayu (2024) Kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar di Madrasah Aliyah al Falah Simpang Kanan Riau. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Dyah Ayu Muliani_06040320076.pdf Download (1MB) |
|
Text
Dyah Ayu Muliani_06040320076_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 12 June 2027. Download (1MB) |
Abstract
Kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka adalah keadaan dari seorang guru yang ditunjukkan dengan kesesuaian kematangan fisik, mental dan pegalaman yang menjadikan guru memiliki kemampuan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat didukung oleh faktor yang memengaruhi kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar yaitu faktor eksternal dan internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar di Madrasah Aliyah Al-Falah Simpang Kanan dan mengetahui apa saja faktor yang memengaruhi kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di Madrasah Aliyah Al-Falah Simpang Kanan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang menggunakan data verbal berupa deskriptif atau gambaran yang diperoleh dari studi lapangan, yang artinya peneliti turun langsung ke lapangan untuk melakukan penelitian dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, peneliti juga melakukan analisa data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar di Madrasah Aliyah Al-Falah Simpang Kanan bisa dikatakan siap. Hal ini terlihat jelas dari kematangan fisik guru, seperti kondisi kesehatan yang baik dan stamina yang kuat memungkinkan guru untuk menjalankan kegiatan pembelajaran dengan optimal. Kematangan mental guru juga terlihat dari kesiapan guru untuk beradaptasi dengan perubahan dan menerima tantangan baru. Kemudian pengalaman guru dalam mengajar dan membimbing siswa juga menjadi faktor penting dalam mendukung kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar. Kesiapan tersebut dibuktikan dengan pemahaman guru akan filosofi dan tujuan kurikulum merdeka, seperti guru menunjukkan pemahaman yang mendalam mengenai apa itu kurikulum merdeka dan bagaimana pengimplementasiannya di madrasah. Pengembangan pembelajaran yang berpusat pada siswa, seperti guru merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan memberikan siswa kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka. Pemanfaatan teknologi serta media pembelajaran, seperti guru mampu membuat konten pembelajaran yang menarik dan interaktif menggunakan perkembangan teknologi yang ada.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan | ||||||||||||
Keywords: | Kesiapan guru; implementasi; kurikulum merdeka; madrasah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Dyah Ayu Muliani | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2024 07:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2024 07:25 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70611 |
Actions (login required)
View Item |