Peningkatan kemampuan menghafal surah pendek pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits melalui Strategi Card Sort Siswa Kelas III MI Islamiyah Ujungpangkah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Afidatul (2024) Peningkatan kemampuan menghafal surah pendek pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits melalui Strategi Card Sort Siswa Kelas III MI Islamiyah Ujungpangkah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afidatul Ummah_D97217035 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Afidatul Ummah_D97217035 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 June 2027.

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan menghafal surah pendek pada siswa yang cukup rendah pada siswa kelas III MI Islamiyah Ujungpangkah Gresik, merupakan salah satu masalah yang melatarbelakangi adanya penelitian ini. Hal ini diketahui dari hasil wawancara sebelum penelitian bahwa rendahnya kemampuan siswa dalam menghafal surah pendek beserta artinya disebabkan oleh minimnya alat peraga dan juga strategi pembelajaran yang digunakan adalah cara lama dan kurang beragam, sehingga membuat siswa kurang dalam keterampilan kemampuan menghafal. Maka dari itu, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menghafal pada siswa dengan menerapkan strategi Card Sort. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan strategi Card Sort dalam meningkatkan kemampuan menghafal surah pendek pada mata pelajaran al-Qur’an hadits pada siswa kelas III MI Islamiyah Ujungpangkah gresik. 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghafal surah pendek pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits melalui strategi Card Sort siswa kelas III MI Islamiyah Ujungpangkah Gresik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan menggunakan 2 siklus dengan melalui 4 tahapan. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas III-B MI Islamiyah Ujungpangkah Gresik yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi Card Sort dalam meningkatkan kemampuan menghafal surah pendek beserta terjemah materi surah al-Fiil sudah diterapkan dengan baik. Dapat dilihat dari perolehan hasil observasi aktivitas guru meningkat dengan perolehan nilai 69,7% (kurang) pada siklus I meningkat menjadi 86,8% (baik) pada siklus II. Sedangkan pada hasil observasi siswa meningkat dengan perolehan nilai 63,4% (kurang) pada siklus I meningkat menjadi 84,6% (baik) pada siklus II. 2) Peningkatan kemampuan menghafal surah pendek dan terjemah pada materi surah al-Fiil mengalami peningkatan melalui penerapan strategi Card Sort. Dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 45% (kurang) meningkat pada siklus II menjadi 85% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Afidatulafidhazzastyle@gmail.comD97217035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@uinsa.ac.id2002027303
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hafalan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Peningkatan kemampuan menghafa;, Strategi Card Sort; Al-Qur’an Hadits; Surah Pendek
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afidatul Ummah
Date Deposited: 27 Jun 2024 12:35
Last Modified: 27 Jun 2024 12:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70888

Actions (login required)

View Item View Item