Pengaruh media assemblr edu berbantuan model team gamestTournament (TGT) terhadap minat belajar bahasa Indonesia siswa Kelas V MIN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rif'ah, Siti Nailur (2024) Pengaruh media assemblr edu berbantuan model team gamestTournament (TGT) terhadap minat belajar bahasa Indonesia siswa Kelas V MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nailur Rif'ah_06020720051.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Siti Nailur Rif'ah_06020720051_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2027.

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V dilakukan dengan metode konvensional, tidak ada media sebagai pendukung dan sumber literatur lainnya. Hal ini yang menyebabkan siswa asik sendiri saat guru menerangkan materi, siswa merasa tidak tertarik bahkan bosan. Keadaan tersebut mempengaruhi minat belajar siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Assemblr Edu berbantuan model Team Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V MIN 2 Sidoarjo. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis metode penelitiannya ialah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent kontrol group design. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas V MIN 2 Sidoarjo menggunakan Teknik purposive sampling. Peneliti mengambil sampel penelitian pada kelas 5 C sebagai kelas eksperimen yang memperoleh perlakuan (treatment) dengan menerapkan Media Assemblr Edu berbantuan model Team Games Tournament (TGT) dan kelas 5 D sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa di kelas eksperimen lebih tinggi yakni sebesar 81,16 dibandingkan dengan nilai rata-rata di kelas kontrol yakni 64,85. Hasil uji hipotesis (uji T-test) pada nilai signifikan (2 tailed) equal variences assumed sebesar 0,001 dimana jika dilihat dari dasar pengambilan keputusan uji Independent Sample T-test adalah nilai signifikan (2 tailed) 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan media Assemblr Edu berbantuan model Team Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V Min 2 Sidoarjo. Hasil penghitungan N-Gain kelas eksperimen memperoleh peningkatan lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu sebesar 0,456 (kategori sedang) dan kelas kontrol yaitu sebesar 0,023 (kategori rendah).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rif'ah, Siti Nailursitinailurifa@gmail.com06020720051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa@yahoo.com2006067301
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Bahasa Indonesia
Minat Siswa
Keywords: Assemblr edu; team games tournament; minat belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Nailur Rif'ah
Date Deposited: 28 Jun 2024 05:25
Last Modified: 28 Jun 2024 05:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70957

Actions (login required)

View Item View Item