This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Munjiyah, Isna (2016) Peningkatan keterampilan membaca pemahaman materi cerita pendek melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition siswa kelas V MI Mambaul Ulum Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman cerpen pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V MI Mambaul Ulum Jombang. Hal ini dikarenakan banyak siswa yang masih belum mampu memahami unsur-unsur yang terdapat pada cerpen, siswa kurang aktif dan bosan dalam pembelajaran, serta kurangnya perbendaharaan kosa kata yang dimiliki siswa karena daya imajinasi siswa yang rendah. Adapun cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu diterapkannya model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa yaitu dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat keterampilan membaca pemahaman cerita pendek anak sebelum dilakukan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Mambaul Ulum Jombang. (2) Bagaimana penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition dalam rangka meningkatkan keterampilan membaca pemahaman cerita pendek anak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Mambaul Ulum Jombang. (3) Bagaimana peningkatan keterampilan membaca pemahaman cerita pendek anak setelah menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Mambaul Ulum Jombang.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang terdiri dari 2 siklus dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MI Mambaul Ulum Jombang berjumlah 20 siswa. Pengambilan data penelitian menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, serta tes tulis uraian dan penilaian performance. Kemudian data diolah melalui rumus prosentase Kriteria Ketuntasan Minimum.
Hasil penelitian: (1) Sebelum penerapan model CIRC, dilihat dari nilai ulangan harian siswa kelas V MI Mambaul Ulum diperoleh nilai rata-rata sebesar 54,2 dengan prosentase ketuntasan 25%, maka perlu adanya perbaikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. (2) Penerapan model CIRC materi cerpen pada siswa kelas V MI Mambaul Ulum dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. (3) Adanya peningkatan proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata membaca siswa dari prasiklus 54,2 menjadi 71,15 pada siklus I yang secara klasikal belum tuntas, kemudian menjadi 82,25 pada siklus II yang secara klasikal sudah tuntas. begitu pula dengan ketuntasan belajar siswa 55% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Metode |
||||||||
Keywords: | Keterampilan membaca; pemahaman, Bahasa Indonesia, Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Hestin Kusmianingsih | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2016 02:19 | ||||||||
Last Modified: | 16 Dec 2019 08:31 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7122 |
Actions (login required)
View Item |