Peningkatan keterampilan membaca pemahaman materi cerita pendek melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition siswa kelas V MI Mambaul Ulum Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munjiyah, Isna (2016) Peningkatan keterampilan membaca pemahaman materi cerita pendek melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition siswa kelas V MI Mambaul Ulum Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman cerpen pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V MI Mambaul Ulum Jombang. Hal ini dikarenakan banyak siswa yang masih belum mampu memahami unsur-unsur yang terdapat pada cerpen, siswa kurang aktif dan bosan dalam pembelajaran, serta kurangnya perbendaharaan kosa kata yang dimiliki siswa karena daya imajinasi siswa yang rendah. Adapun cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu diterapkannya model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa yaitu dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat keterampilan membaca pemahaman cerita pendek anak sebelum dilakukan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Mambaul Ulum Jombang. (2) Bagaimana penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition dalam rangka meningkatkan keterampilan membaca pemahaman cerita pendek anak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Mambaul Ulum Jombang. (3) Bagaimana peningkatan keterampilan membaca pemahaman cerita pendek anak setelah menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Mambaul Ulum Jombang.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang terdiri dari 2 siklus dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MI Mambaul Ulum Jombang berjumlah 20 siswa. Pengambilan data penelitian menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, serta tes tulis uraian dan penilaian performance. Kemudian data diolah melalui rumus prosentase Kriteria Ketuntasan Minimum.
Hasil penelitian: (1) Sebelum penerapan model CIRC, dilihat dari nilai ulangan harian siswa kelas V MI Mambaul Ulum diperoleh nilai rata-rata sebesar 54,2 dengan prosentase ketuntasan 25%, maka perlu adanya perbaikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. (2) Penerapan model CIRC materi cerpen pada siswa kelas V MI Mambaul Ulum dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. (3) Adanya peningkatan proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata membaca siswa dari prasiklus 54,2 menjadi 71,15 pada siklus I yang secara klasikal belum tuntas, kemudian menjadi 82,25 pada siklus II yang secara klasikal sudah tuntas. begitu pula dengan ketuntasan belajar siswa 55% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munjiyah, Isnaisnawilly241@gmail.comD37212067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Keterampilan membaca; pemahaman, Bahasa Indonesia, Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hestin Kusmianingsih
Date Deposited: 29 Jun 2016 02:19
Last Modified: 16 Dec 2019 08:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7122

Actions (login required)

View Item View Item