Pengaruh metode quick on the draw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi operasi pembagian kelas IV MIN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ariza, Ainun Nadhifah (2024) Pengaruh metode quick on the draw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi operasi pembagian kelas IV MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainun Nadhifah Ariza_06010720001.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Ainun Nadhifah Ariza_06010720001_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 March 2028.

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran Matematika materi operasi pembagian di kelas IV MIN 2 Sidoarjo belum begitu menarik bagi siswa bahkan dianggap sulit karena selama pembelajaran metode yang digunakan belum maksimal, hal ini menyebabkan kemampuan dalam memecahkan masalah matematis masih tergolong rendah. Indikasinya adalah sebagian besar peserta didik merasa bosan, tidak kondusif saat pembelajaran berlangsung. Solusi dari permasalahan tersebut, perlu diterapkan suatu metode pembelajaran inovatif yang berpusat pada keaktifan siswa. Salah satu metode tersebut adalah Quick on The Draw. Maka dari itu peneliti menerapkan metode tersebut dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode Quick on The Draw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa khususnya pada materi operasi pembagian. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif jenis metode penelitian yakni Quasi Experiment dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas IV MIN 2 Sidoarjo dengan pengambilan sampel kelas kontrol (IV B) dan kelas eksperimen (IV C). Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni berupa tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test pada kelas kontrol sebesar 56,74, sedangkan rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen sebesar 53,36. Rata-rata nilai post-test kelas kontrol sebesar 62,04, sedangkan nilai post-test kelas eksperimen sebesar 74,86. Hasil uji-t diperoleh Thitung > Ttabel yakni 2,432 > 2,427, diperkuat dengan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,019 < 0,05, sehingga Hₒ pada penelitian ini ditolak dan Hₐ diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV pada materi operasi pembagian setelah diberi perlakuan. Perbedaan dari kedua kelas tersebut dapat memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode Quick on The Draw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi operasi pembagian kelas IV MIN 2 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ariza, Ainun Nadhifahainunna01@gmail.com06010720001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Matematika
Pemikiran
Keywords: Metode quick on the draw; kemampuan pemecahan masalah matematis; operasi pembagian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ainun Nadhifah Ariza
Date Deposited: 20 Mar 2025 02:56
Last Modified: 20 Mar 2025 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71232

Actions (login required)

View Item View Item