This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zaimah, Aryanti Nur (2024) Efektivitas pelayanan publik dalam pembuatan KTP elektronik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Aryanti Nur Zaimah_07040420021 full.pdf Restricted to Repository staff only until 10 July 2027. Download (2MB) |
|
Text
Aryanti Nur Zaimah_07040420021.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelayanan publik dalam pembuatan KTP elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Surabaya. Menggunakan teori efektivitas pelayanan publik sebagai kerangka konseptual, penelitian ini mengevaluasi lima dimensi utama: produktivitas, kualitas, efisiensi, fleksibilitas, dan kepuasan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Penelitian ini memberikan gambaran komprehensif tentang bagaimana layanan publik dalam pembuatan KTP elektronik di Surabaya diimplementasikan dan dievaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik dalam pembuatan KTP elektronik di Disdukcapil Surabaya menunjukkan efektivitas yang tinggi. Analisis lima dimensi utama menunjukkan bahwa produktivitas meningkat dengan adanya sistem digitalisasi yang mengurangi waktu dan biaya dalam proses pengurusan. Kualitas layanan juga meningkat dengan adanya transparansi dan akurasi data yang lebih baik, sedangkan efisiensi tercapai melalui pengurangan prosedur birokrasi yang tidak perlu. Fleksibilitas layanan ditunjukkan dengan kemudahan akses bagi masyarakat dari berbagai kalangan dan latar belakang. Salah satu inovasi signifikan yang berkontribusi pada efektivitas layanan ini adalah program Jebol Anduk (Jemput Bola Administrasi Kependudukan), yang memfasilitasi proses pembuatan KTP elektronik menjadi lebih cepat dan mudah diakses oleh masyarakat. Program ini berhasil meningkatkan kepuasan masyarakat dengan menyediakan layanan yang responsif dan proaktif. Secara keseluruhan, penelitian ini mengindikasikan bahwa digitalisasi dan inovasi dalam layanan publik di Disdukcapil Surabaya telah memberikan dampak positif yang signifikan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Layanan Politik > Politik Islam |
||||||||
Keywords: | Efektivitas; pelayanan publik; KTP elektronik; Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil Kota Surabaya | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam | ||||||||
Depositing User: | Aryanti Nur Zaimah | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2024 07:43 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2024 07:43 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71433 |
Actions (login required)
View Item |