This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ramadina, Shafira Prameswari (2024) Peran program literasi pojok baca dalam peningkatan minat baca siswa di MI Nurul Hidayah Made Sambikerep Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Shafira Prameswari Ramadina_06030720061 full.pdf Restricted to Repository staff only until 8 October 2027. Download (2MB) |
|
Text
Shafira Prameswari Ramadina_06030720061.pdf Download (655kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengevaluasi peran program literasi pojok baca dalam meningkatkan minat baca siswa di MI Nurul Hidayah Made Sambikerep, Kota Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya minat baca siswa yang menjadi masalah serius dalam dunia pendidikan. Di era teknologi yang semakin maju, banyak siswa mengalami gangguan minat baca akibat berbagai distraksi digital, seperti media sosial dan permainan online. Padahal, literasi merupakan kemampuan mendasar yang mencakup memahami, menafsirkan, dan menciptakan teks dengan berbagai media, yang sangat penting untuk perkembangan akademik dan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program literasi pojok baca di MI Nurul Hidayah Made Sambikerep Kota Surabaya. 2) untuk mengetahui bagaimana program literasi pojok baca siswa terhadap minat baca siswa di MI Nurul Hidayah Made Sambikerep Kota Surabaya. 3) untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh guru pada pelaksanaan program literasi pojok baca di MI Nurul hidayah Made Sambikerep Kota Surabaya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Proses analisis data yang dihunakan dalam penelitian ini mengadopsi langkah-langkah yang diajukan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program literasi pojok baca yang diimplementasikan sejak tahun 2018 telah berjalan dengan baik. Faktor pendukung utama meliputi dukungan dari pihak sekolah dan orang tua, serta penyediaan fasilitas dan buku yang menarik. Selain itu, antusiasme siswa dalam menggunakan pojok baca juga menjadi faktor penting. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala, seperti kurangnya pembaruan koleksi buku secara berkala, minat baca siswa yang rendah, keterbatasan variasi buku, dan penataan pojok baca yang kurang menarik. Meskipun demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program literasi pojok baca memiliki peran signifikan dalam meningkatkan minat baca siswa. Peningkatan ini terlihat dari berbagai kegiatan yang memanfaatkan pojok baca, seperti membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai, diskusi kelompok, dan penggunaan waktu luang untuk membaca. Oleh karena itu, disarankan agar MI Nurul Hidayah terus memperbarui koleksi buku, memperbaiki penataan pojok baca, dan meningkatkan strategi untuk menumbuhkan minat baca siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Minat Baca |
||||||||
Keywords: | Literasi pojok baca; minat baca; siswa | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Shafira Prameswari Ramadina | ||||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2024 04:31 | ||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 04:31 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72036 |
Actions (login required)
View Item |