This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Alivia, Varin Rizky (2023) Upaya diplomasi komersial dalam mempromosikan produk pakaian lokal Erigo dalam New York Fashion Week 2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Varin Rizky Alivia_I92218099 OK.pdf Download (4MB) |
|
Text
Varin Rizky Alivia_I92218099 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 14 January 2028. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Beberapa negara dapat bekerjasama ataupun berkonflik di sistem internasional. Keterlibatan para pelaku bisnis dalam proses perencanaan dan pelaksanaan diplomasi, yang dipimpin oleh pemerintah, akan memperkuat koordinasi untuk mencapai target kepentingan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran diplomasi komersial Kemenparekraf Indonesia dan Erigo dalam mempromosikan produk pakaian lokal di pasar global. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti merupakan penelitian metode kualitatif dengan bentuk studi kasus dengan tipe deskriptif, peneliti menggunakan metode dengan menggambarkan objek atau subjek yang diteliti sesuai dengan apa adanya, serta menjelaskan tentang variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Kemenparekraf Indonesia bersama Shopee dalam mempromosikan produk lokal pakaian erigo melakukan lima strategi untuk menarik menjual produknya ke pasar global. Strategi yang pertama yaitu melakukan promosi dengan mengikuti bazar bazar fesyen yang diselenggarakan mulai dari dalam negeri dan luar negeri. Strategi kedua yang dilakukan adalah membuat website untuk memperjual belikan produk produk yang di jual. Strategi ketiga dengan menggunakan media sosial terutama instagram untuk mempromosikan produk yang mereka jual. Startegi keempat dengan memberikan konsep konsep menarik untuk menarik pembeli, misalnya dengan membuat event yang berkonsep Jepang atau anime. Strategi kelima merupakan strategi promosi melalui influencer ternama di Indonesia. Erigo menganggap dengan pengaruh dari influencer ternama di Indonesia maka produknya akan semakin dikenal dan diminati. Kemenparekraf mengambil peran untuk membantu mempromosikan dan membantu dalam mengurus surat menyurat untuk memasarkan produknya ke luar negeri. Selain itu dalam hal ini diplomasi komersial Kemenparekraf Indonesia dalam mempromosikan pakaian lokal Erigo masih dirasa kurang, karena hanya membantu dalam hal administrasi pertunjukkan Erigo Apparel yang dilakukan di NYFW di New York dikarenakan pandemi dan lockdown yang sedang berlangsung di Indonesia.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ekonomi Kerjasama Internasional Pedagang Wirausaha |
||||||||
Keywords: | Produk Pakaian Lokal; Diplomasi Komersial; Kemenparekraf; Industri | ||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Hubungan Internasional | ||||||||
Depositing User: | Varin Rizky Alivia | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jan 2025 00:56 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jan 2025 00:56 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72549 |
Actions (login required)
View Item |