Persepsi guru pada peningkatan mutu sekolah pasca pandemi covid-19 di SMA Negeri Kesamben Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidia, Rike Nur (2024) Persepsi guru pada peningkatan mutu sekolah pasca pandemi covid-19 di SMA Negeri Kesamben Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rike Nur Maulidia_D93217112.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Rike Nur Maulidia_D93217112_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Persepsi Guru Pada Peningkatan Mutu Sekolah Pasca Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Kesamben Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian tentang Bagaimana mutu sekolah pasca pandemic Covid-19 di SMA Negeri Kesamben Jombang, Bagaimana persepsi guru pada peningkatan mutu sekolah pasca pandemi Covid-19 di SMA Negeri Kesamben Jombang, Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pada peningkatan mutu sekolah pasca pandemi Covid-19 di SMA Negeri Kesamben Jombang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini antara lain wakasek kurikulum, tenaga pengajar serta siswa. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dan Interpretasi data yang digunakan oleh peneliti adalah model Miles dan Huberman serta uji keabsahan data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Mutu Sekolah Pasca Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Kesamben adalah dengan meningkatkan proses pembelajaran melakukan koordinasi dengan tenaga pendidik melalui proses pembelajaran, terutama saat pandemi covid-19 yaitu melakukan pembelajaran secara daring. Dan ketika pasca pandemi covid-19 melakukan berbagai inovasi pembelajaran contohnya memperbarui kurikulum merdeka. untuk menciptakan peserta didik yang unggul dan berpresasi dalam bidang akademik maupun non akademik. (2) Persepsi Guru Pada Peningkatan Mutu Sekolah Pasca Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Kesamben Jombang yakni kepala sekolah telah melakukan sesuai dengan kebijakan pemerintah yang sesuai dengan 8 standar nasional Pendidikan Penunjang lainnya dalam proses peningkatan mutu yaitu dengan adanya sarana dan prasarana yang sudah memadai. (3) Faktor pendukung pada peningkatan mutu sekolah yaitu pertama sekolah sudah berakreditasi A dan berstatus Negeri sehingga menjadi sekolah favorit. Kedua, didukung oleh kompetensi tenaga pendidik yang mampu berkoordinasi dengan kepala sekolah dalam melakukan peningkatan mutu sekolah. Faktor penghambat seperti pembelajaran yang sedikit tertunda karena faktor pembelajaran secara daring yang dikarenakan sinyal internet yang tidak mendukung dan beberapa siswa yang tidak memiliki handphone sehingga minat belajar siswa sedikit berkurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidia, Rike Nurrikemaulidia93@gmail.comD93217112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Persepsi guru; peningkatan mutu; covid-19
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rike Nur Maulidia
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:28
Last Modified: 30 Sep 2024 02:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73284

Actions (login required)

View Item View Item