This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Az Zahro, Ummi Chumairo (2024) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu Question Card terhadap hasil belajar peserta didik materi bumi dan tata surya di SMPN 1 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ummi Chumairo Az-Zahro_06011020007 OK.pdf Download (445kB) |
|
Text
Ummi Chumairo Az-Zahro_06011020007 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 12 November 2027. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII SMPN 1 Waru Sidoarjo. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang dirasa masih kurang optimal, model yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif, pada penerapannya saat proses diskusi berlangsung peserta didik belum terlibat secara keseluruhan, selain itu guru juga masih merasa kesulitan menilai pemahaman peserta didik dalam kerja kelompok. Maka dari itu, peneliti melakukan perbaikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu Question Card diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemukan. Fokus penelitian ini yaitu untuk megetahui hasil penerapan model pembelajaran kooper atif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu Question Card dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain Prestest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitan ini menggunakan teknik cluster random sampling. Peneliti mengacak kelas/cluster dan mendapatkan 2 kelas yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu Question Card dan kelas VII H sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. jumlah sampel sebanyak 62 peserta didik., sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil peneltian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu Question Card dapat dikatakan efektif dengan skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh berada pada presentase 80%-100% dengan kategori sangat baik. Selain itu hasil penelitian ini membahas terkait nilai rata-rata dan nilai n-gain, pada nila rata-rata hasil post-test kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 70,16 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 33,58, nilai n-gain pada kelas eksperimen lebih besar sebesar 0,5914 sementara pada kelas kontrol sebesar 0,1164.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Pendidikan Wajib Belajar |
||||||||||||
Keywords: | model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) ; hasil belajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Ummi Chumairo Az-zahro | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 01:03 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 01:03 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73707 |
Actions (login required)
View Item |