Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu Question Card terhadap hasil belajar peserta didik materi bumi dan tata surya di SMPN 1 Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Az Zahro, Ummi Chumairo (2024) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu Question Card terhadap hasil belajar peserta didik materi bumi dan tata surya di SMPN 1 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummi Chumairo Az-Zahro_06011020007 OK.pdf

Download (445kB)
[img] Text
Ummi Chumairo Az-Zahro_06011020007 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 November 2027.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII SMPN 1 Waru Sidoarjo. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang dirasa masih kurang optimal, model yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif, pada penerapannya saat proses diskusi berlangsung peserta didik belum terlibat secara keseluruhan, selain itu guru juga masih merasa kesulitan menilai pemahaman peserta didik dalam kerja kelompok. Maka dari itu, peneliti melakukan perbaikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu Question Card diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemukan. Fokus penelitian ini yaitu untuk megetahui hasil penerapan model pembelajaran kooper atif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu Question Card dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain Prestest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitan ini menggunakan teknik cluster random sampling. Peneliti mengacak kelas/cluster dan mendapatkan 2 kelas yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu Question Card dan kelas VII H sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. jumlah sampel sebanyak 62 peserta didik., sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil peneltian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu Question Card dapat dikatakan efektif dengan skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh berada pada presentase 80%-100% dengan kategori sangat baik. Selain itu hasil penelitian ini membahas terkait nilai rata-rata dan nilai n-gain, pada nila rata-rata hasil post-test kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 70,16 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 33,58, nilai n-gain pada kelas eksperimen lebih besar sebesar 0,5914 sementara pada kelas kontrol sebesar 0,1164.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Az Zahro, Ummi Chumairoummichumairoh234@gmail.com06011020007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorUmmah, Khoirotulummah3005@gmail.com2030059104
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Wajib Belajar
Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) ; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Ummi Chumairo Az-zahro
Date Deposited: 12 Nov 2024 01:03
Last Modified: 12 Nov 2024 01:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73707

Actions (login required)

View Item View Item