This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Firmansyah, Mochammad Andik (2024) Pengaruh viral marketing, celebrity endorser, dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian produk erigo di shopee dengan kesadaran merek sebagai variabel mediasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Mochammad Andik Firmansyah_G93219080.PDF Download (5MB) |
|
Text
Mochammad Andik Firmansyah_G93219080_Full.PDF Restricted to Repository staff only until 19 September 2027. Download (5MB) |
Abstract
Ketatnya persaingan bisnis antar perusahaan dalam berbagai bidang saat ini tidak dapat dihindari. Salah satunya pada bidang pemasaran. Perusahaan dituntut untuk terus melakukan berbagai macam strategi pemasaran dengan cara yang kreatif guna membangun kesadaran merek yang dapat berakhir pada keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara variabel viral marketing, celebrity endorser, dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian produk Erigo di Shopee yang dimediasi oleh kesadaran merek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis metode survei. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 250 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel simple random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) yang merupakan model persamaan Structural Equation Model (SEM) yang diolah melaui software SmartPLS 3.2.9. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel viral marketing, celebrity endorser, dan electronic word of mouth memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Peran variabel mediasi terhadap variabel viral marketing dalam penelitian ini memiliki pengaruh secara full mediation, yang menunjukkan bahwa variabel viral marketing memiliki pengaruh secara tidaklangsung terhadap keputusan pembelian produk Erigo di Shopee yang dimediasi oleh kesadaran merek. Sedangkan variabel celebrity endorser dan electronic word of mouth dalam penelitian ini memiliki pengaruh secara partial mediation, yang menunjukkan bahwa variabel celebrity endorser dan electronic word of mouth memiliki pengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian produk Erigo di Shopee yang dimediasi oleh kesadaran merek. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak perusahaan agar dapat konsisten melakukan promosi dengan cara viral marketing, mempertahankan dan lebih selektif dalam pemilihan celebrity endorser yang memiliki reputasi dan image positif dikalangan masyarakat, serta dapat memperhatikan e-WoM dalam meningkatkan kesadaran merek dan berakhir pada keputusan pembelian
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen Pemasaran |
||||||||||||
Keywords: | Viral marketing; celebrity endorser; electronic word of mouth; keputusan pembelian; kesadaran merek; erigo | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen | ||||||||||||
Depositing User: | mochammad andik firmansyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Sep 2024 05:05 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Sep 2024 05:05 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73844 |
Actions (login required)
View Item |