مشكلات تطبيق التعليم المتمايز في منهج مرديكا و حلّها في تعليم اللغة العربية بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabilla, Adinda Wahda (2024) مشكلات تطبيق التعليم المتمايز في منهج مرديكا و حلّها في تعليم اللغة العربية بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adinda Wahda Salsabilla_06010220001 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Adinda Wahda Salsabilla_06010220001 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 October 2027.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Sidoarjo, mengetahui masalah dalam pengimplementasian pembelajaran berdiferensiasi kurikulum merdeka di pembelajaran bahasa Arab di MAN Sidoarjo, dan untuk mengetahui solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi masalah dalam pengimplementasian pembelajaran berdiferensiasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini mengambil beberapa narasumber seperti guru bahasa Arab, kepala madrasah, wakil kepala bagian kurikulum, dan siswa kelas XI peminatan bahasa Arab. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa masalah yang terjadi dalam pengimplementasian pembelajaran berdiferensiasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Sidoarjo diantaranya: kurangnya durasi jam pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Arab peminatan, kurangnya bahan ajar, dan juga kurangnya sarana dan prasarana (kelas tetap). Dan dari tiga masalah tersebut solusi yang dilakukan guru bahasa Arab untuk mengatasinya antara lain: guru harus meluangkan waktu di luar jam pelajaran, guru menciptakan bahan ajar sendiri melalui berbagai sumber ajar seperti kitab, google, youtube, blog, atau platform lain, solusi terakhir yakni guru mencari alternatif tempat belajar lain yang masih berada di lingkungan madrasah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabilla, Adinda Wahdaadindawahda15@gmail.com06010220001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholehan, Sholehansholehan_tarbiyah@yahoo.com2004115901
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah78@yahoo.com2028097802
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Pembelajaran
Problem Based Instruction
Keywords: Problematika; Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Adinda Wahda Salsabilla
Date Deposited: 10 Oct 2024 01:40
Last Modified: 10 Oct 2024 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74054

Actions (login required)

View Item View Item