This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Handayani, Sri (2023) فعالية تطبيق طريقة الحوار في ترقية مهارتي الاستماع والكلام لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٢ سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Sri Handayani_06020220059 full.pdf Restricted to Repository staff only until 11 October 2027. Download (2MB) |
|
Text
Sri Handayani_06020220059.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang “Efektivitas penerapan metode hiwar untuk meningkatkan kemampuan maharah istima’ wal kalam siswa kelas VIII MTsN 2 Sidoarjo”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1- Untuk mengetahui maharah istima’ wal kalam siswa kelas VIII MTsN 2 Sidoarjo sebelum penggunaan metode hiwar. 2- Untuk mengetahui penggunaan metode hiwar dalam meningkatkan kemampuan maharah istima’ wal kalam siswa kelas VIII MTsN 2 Sidoarjo. 3- Untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode hiwar untuk meningkatkan kemampuan maharah istima’ wal kalam siswa kelas VIII MTsN 2 Sidoarjo. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental pretest posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, test, dan dokumentasi dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa. Data dianalisis menggunakan uji Paired Sample Test dengan bantuan IBM SPSS 29. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa keterampilan istima’ siswa sebelum perlakuan dapat diketahui dari hasil pre-test yakni memperoleh rata-rata 58,63 dengan siswa yang memperoleh nilai kurang dari KKM cukup banyak. sama halnya dengan keterampilan kalam siswa sebelum perlakuan yang dapat diketahui dari hasil pre-test yakni memperoleh rata-rata 59,25. Dan penggunaan metode hiwar terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan maharah istima’ wal kalam siswa karena nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dan siswa yang memperoleh nilai melebihi KKM lebih banyak. Dan setelah dilakukan uji Paired Sample Test untuk maharah istima’ diperoleh hasil taraf signifikansi < 0,05, yaitu (0.001 < 0,05). dan sama halnya dengan maharah kalam diperoleh hasil taraf signifikansi < 0,05, yaitu (0.001 < 0,05). Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||||||||
Keywords: | Metode Hiwar; maharah istima' wal kalam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Sri Handayani | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Oct 2024 07:19 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Oct 2024 07:19 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74064 |
Actions (login required)
View Item |