This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Farkhatin, Ikhya Uli (2024) Penerapan model pembelajaran problem posing dalam meningkatkan hasil belajar IPA dan melatihkan keterampilan bertanya peserta didik kelas VII di SMP NU Bahrul Ulum. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ikhya Uli Farkhatin_06021020012 OK.pdf Download (982kB) |
|
Text
Ikhya Uli Farkhatin_06021020012 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 14 October 2027. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan keterampilan bertanya peserta didik kelas VII di SMP NU Bahrul Ulum. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran hanya menggunakan model pembelajaran discovery learning, sehingga menjadi satu dari sekian banyak faktor penyebab rendahnya hasil belajar dan keterampilan bertanya peserta didik. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada proses pembelajaran yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan pada penelitian ini, yaitu : (1) Mendeskripsikan perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran problem posing (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran problem posing (3) Mendeskripsikan keterampilan bertanya peserta didik setelah penerapan model problem posing. (4) Mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran problem posing dalam meningkatkan hasil belajar IPA dan melatihkan keterampilan bertanya peserta didik. Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen semu atau quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data penelitian melalui tes, dan observasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan melatihkan keterampilan bertanya peserta didik ditunjukkan dengan : (1) Adanya perbedaan rata-rata hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran problem posing pada kelas eksperimen sebesar dengan rata-rata sebesar 80,41 dan kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 66,74 (2) Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan skor n-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,7359 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 0,5592 (3) Keterampilan bertanya peserta didik pada kelas eksperimen menunjukkan jumlah pertanyaan yang diajukan pada tingkat tinggi lebih banyak dan beragam sebesar 52 pertanyaan dengan persentase 49,1%, sedangakan jumlah pertanyaan tingkat tinggi yang diajukan pada kelas kontrol dengan pertanyaan yang cenderung sama sebesar 41 pertanyaan dengan persentase 40,1 % (4) Keterlaksanaan penerapan model pembelajaran problem posing memperoleh hasil dengan kategori sangat tinggi atau dapat dikatakan efektif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Keterampilan Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Hasil belajar; keterampilan bertanya; problem posing | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Ikhya Uli Farkhatin | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Oct 2024 02:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Oct 2024 02:51 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74071 |
Actions (login required)
View Item |