Analisis kemampuan literasi numerasi siswa pada domain bilangan berkonteks sosial budaya ditinjau dari pola pikir matematis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Hanifatul (2024) Analisis kemampuan literasi numerasi siswa pada domain bilangan berkonteks sosial budaya ditinjau dari pola pikir matematis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanifatul Maghfiroh_06010420009 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 October 2027.

Download (6MB)
[img] Text
Hanifatul Maghfiroh_06010420009.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan literasi numerasi adalah kemampuan dan sikap yang dibutuhkan setiap siswa dalam menggunakan bilangan dan data untuk membuat keputusan dalam kehidupan siswa maupun bermasyarakat. Kemampuan literasi numerasi siswa di Indonesia saat ini masih tergolong rendah. Dampak yang signifikan terhadap kemampuan literasi numerasi siswa yaitu mengembangkan pola pikir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi umerasi siswa yang memiliki pola pikir berkembang dan tetap pada domain bilangan berkonteks sosial budaya. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 22 Surabaya tahun ajaran 2023/2024 dengan dua siswa yang memiliki pola pikir berkembang dan dua siswa yang memiliki pola pikir tetap. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner pola pikir matematis, tes kemampuan literasi numerasi dan wawancara.hasil pengumpulan data dan dianalisis berdasarkan indikator kemampuan literasi numerasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut: (1) Siswa dengan pola pikir berkembang memiliki kemampuan literasi numerasi yang baik dalam menyelesaikan soal domain bilangan dengan konteks sosial budaya. Mereka dapat menganalisis dan memahami informasi soal dengan baik, menggunakan simbol dan angka matematika dengan tepat dalam analisis, serta menafsirkan hasil analisis dan mengambil kesimpulan dengan tepat dan percaya diri tanpa kesulitan. (2) Siswa dengan pola pikir tetap memiliki kemampuan literasi numerasi yang terbatas dalam menyelesaikan soal domain bilangan dengan konteks sosial budaya. Mereka cukup mampu menentukan informasi yang diketahui dan ditanyakan meskipun ada kesalahan dalam analisis dan pemahaman. Mereka dapat menggunakan simbol dan angka matematika dengan percaya diri, namun kesulitan dalam menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil kesimpulan dari soal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Hanifatulhanifatulmaghfiroh94@gmail.com06010420009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Literasi numerasi; bilangan; sosial budaya; pola pikir matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hanifatul Maghfiroh
Date Deposited: 15 Oct 2024 07:50
Last Modified: 15 Oct 2024 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74092

Actions (login required)

View Item View Item