This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Najah, Mufdatun (2024) فعالية تطبيق نموذج التعلم التعاوني شكل المناقشة الجماعية التلقائية (SGD) بوسيلة flash card لترقية مهارة الكلام في تعليم اللغة العربية للصف الحادي عشر بمدرسة منبع العلوم الثانوية جريسيك. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Mufidatun Najah_06010220008 full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 October 2027. Download (1MB) |
|
Text
Mufidatun Najah_06010220008.pdf Download (1MB) |
Abstract
Peneliti menemukan beberapa permasalahan, di antaranya rendahnya minat siswa dalam belajar bahasa Arab, terutama pada keterampilan berbicara. Selain itu, belum diterapkannya model pembelajaran kooperatif bentuk diskusi kelompok spontan (SGD) dengan menggunakan media Flash Card. Media pembelajaran yang dimiliki siswa untuk keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Arab di sekolah ini juga terbatas. Media Flash Card dengan penggunaan dialog melalui kartu kecil yang berisi gambar, teks, atau simbol yang membantu siswa mengingat atau mengarahkan mereka kepada sesuatu yang terkait dengan gambar tersebut, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbicara. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam studi ini adalah metode eksperimen. Peneliti melaksanakan uji pre test dan post test. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Manbaul Ulum Gresik, dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian ini dianalisis dengan bantuan perangkat lunak SPSS 25.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan bahwa kemampuan siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Arab mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi (Asymp Sig.(2-tailed)) sebesar 0,000, yang lebih rendah dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif bentuk diskusi kelompok spontan (SGD) dengan menggunakan media Flash Card efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas XI Madrasah Aliyah Manbaul Ulum Gresik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Model cooperative learning; tipe spontaneous group discussion; media flash card; keterampilan berbicara | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Mufidatun Najah | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Oct 2024 04:49 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:49 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74093 |
Actions (login required)
View Item |