فعالية تطبيق نموذج التعلم التعاوني شكل المناقشة الجماعية التلقائية (SGD) بوسيلة flash card لترقية مهارة الكلام في تعليم اللغة العربية للصف الحادي عشر بمدرسة منبع العلوم الثانوية جريسيك

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najah, Mufdatun (2024) فعالية تطبيق نموذج التعلم التعاوني شكل المناقشة الجماعية التلقائية (SGD) بوسيلة flash card لترقية مهارة الكلام في تعليم اللغة العربية للصف الحادي عشر بمدرسة منبع العلوم الثانوية جريسيك. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mufidatun Najah_06010220008 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 October 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Mufidatun Najah_06010220008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peneliti menemukan beberapa permasalahan, di antaranya rendahnya minat siswa dalam belajar bahasa Arab, terutama pada keterampilan berbicara. Selain itu, belum diterapkannya model pembelajaran kooperatif bentuk diskusi kelompok spontan (SGD) dengan menggunakan media Flash Card. Media pembelajaran yang dimiliki siswa untuk keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Arab di sekolah ini juga terbatas. Media Flash Card dengan penggunaan dialog melalui kartu kecil yang berisi gambar, teks, atau simbol yang membantu siswa mengingat atau mengarahkan mereka kepada sesuatu yang terkait dengan gambar tersebut, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbicara. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam studi ini adalah metode eksperimen. Peneliti melaksanakan uji pre test dan post test. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Manbaul Ulum Gresik, dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian ini dianalisis dengan bantuan perangkat lunak SPSS 25.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan bahwa kemampuan siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Arab mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi (Asymp Sig.(2-tailed)) sebesar 0,000, yang lebih rendah dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif bentuk diskusi kelompok spontan (SGD) dengan menggunakan media Flash Card efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas XI Madrasah Aliyah Manbaul Ulum Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najah, Mufdatunmufidatunnajah5@gmail.com06010220008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Thesis advisorNu'man, MohammadBuya.numan@gmail.com2022026901
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Model cooperative learning; tipe spontaneous group discussion; media flash card; keterampilan berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mufidatun Najah
Date Deposited: 17 Oct 2024 04:49
Last Modified: 17 Oct 2024 04:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74093

Actions (login required)

View Item View Item