Efektivitas penerapan metode the power of two dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas VII di SMPN 3 Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fakhira, Nadia (2024) Efektivitas penerapan metode the power of two dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas VII di SMPN 3 Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadia Fakhira_06010120013 OK.pdf

Download (317kB)
[img] Text
Nadia Fakhira_06010120013 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 November 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menilai dampak metode The Power of Two terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMP Negeri 3 Waru Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen Quasi Experimental, yakni Pre-Test dan Post-test Control Design. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, observasi, dengan rubrik penilaian dan angket sebagai instrumen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Waru pada tahun ajaran 2023/2024. Analisis data dilakukan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil uji Independent Sampel T-Test diatas didapatkan nilai sig 0,000 < 0,05; maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan mengenai hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kemudian, untuk hasil belajar pada kelas eksperimen mempunyai nilai mean yang lebih tinggi dengan nilai mean sebesar 5,50 dibandingkan kelas kontrol dengan nilai mean sebesar 1,64. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih efektif dari pada kelas kontrol. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metodeThe Power of Two memiliki dampak positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMP Negeri 3 Waru Sidoarjo. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata hasil belajat siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fakhira, Nadianadiafakhira2611@gmail.com06010120013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Thesis advisorRidwan, Auliyaaridwan@uinsby.ac.id2011058502
Subjects: Belajar
Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Metode The Power of Two; Hasil Belajar; Mata Pelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadia Fakhira
Date Deposited: 12 Nov 2024 02:34
Last Modified: 12 Nov 2024 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74307

Actions (login required)

View Item View Item