Strategi sustainability perusahaan perspektif manajemen strategi Islam di PT. Jaya Abadi Ngoro Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofiyati, Hidayatis (2024) Strategi sustainability perusahaan perspektif manajemen strategi Islam di PT. Jaya Abadi Ngoro Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayatis Shofiyati_02040322016 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hidayatis Shofiyati_02040322016 Full.pdf

Download (3MB)

Abstract

Strategi sustainability perusahaan dilakukan atas dasar dari perusahaan untuk melakukan pembangunan berkelanjutan. Prinsip sustainability perusahaan dibutuhkan adanya pertimbangan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan tiap strategi yang dilakukan. Dalam penelitian ini sustainability dilakukan ditarik pada manajemen strategi Islam, dimana strategi manajemen penting digunakan oleh perusahaan yang berkelanjutan. Dari sini bisa dilihat bahwa perusahaan PT. Jaya Abadi yang menjadi fokus peneliti untuk dikaji lebih dalam, dimana perusahaan tersebut menjadi salah satu perusahaan yang mengalami permasalahan perekonomiannya menurun. Maka dari itu PT. Jaya Abadi melakukan strategi sustainability dalam perspektif manajemen strategi Islam dengan tujuan untuk mempertahankan perusahaan dan meningkatkan kualitas perusahaan.Dalam penelitian ini menggunakan metodelogi kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi sustainability PT. Jaya Abadi ditinjau dari kondisi ekonomi, sosial dan lingkungan. Kemudian ditemukan juga dari pengolahan manajemen strategi Islam bahwa dikaji dari etika kepemimpinan syariah, pengambilan keutungan, pemberian upah dan pemberdayaan sumber daya manusia dan sumber daya alam.Dari hasil penelitian dimana kondisi ekonomi, sosial, lingkungan mampu memberikan pengaruh besar dan pondasi kekuatan dari perusahaan berkelanjutan, yang mana kondisi tersebut dikaitkan dari manajemen strateginya dengan melihat etika pemimpin perusahaan sesuai syariat Islam, pengambilan keuntungan yang tidak keluar dari batasan syariat Islam, pemberian upah juga tidak keluar dari batasan ajaran Islam, dan pemberdayaan SDM dan SDA yang berhasil memberikan banyak manfaat kepada para karyawan dan masyarakat sekitar. Terdapat pula beberapa hal yang memberikan dampak menurunnya kualitas perusahaan dari segi ekonomi, karena kurangnya luas pemasaran yang hanya memiliki satu distributor saja. Maka dari itu ketika perusahaan mengalami permasalahan yang diakibatkan dari menurunnya permintaan, maka produksi perusahaan juga ikut menurun. Hal ini karena perusahaan tidak mencari distributor lain untuk menanggulangi adanya risiko seperti itu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofiyati, HidayatisHidayatis2502@gmail.com02040322016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhsan, Muhamadm.ahsan@uinsa.ac.id2021066802
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsa.ac.id2002087603
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Manajemen Strategi
Keywords: Keberlanjutan; Manajemen Strategi ; Manajemen Strategi Islam
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hidayatis Shofi Shofiyati
Date Deposited: 25 Nov 2024 07:18
Last Modified: 25 Nov 2024 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74412

Actions (login required)

View Item View Item