Pengaruh penggunaan media powerpoit interaktif terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang kelas 2 MIN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Makhfudiyah, Dewi Laukha (2024) Pengaruh penggunaan media powerpoit interaktif terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang kelas 2 MIN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Laukha Makhfudiyah_06040720071.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dewi Laukha Makhfudiyah_06040720071_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari pembelajaran matematika yang saat ini masih menggunakan metode ceramah serta minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dari pendidik. Hal tersebut dapat menyebabkan rendahnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran matematika, sehingga berdampak pada hasil belajar matematika peserta didik dalam memahami materi bangun ruang di kelas 2 MIN 1 Gresik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh media powerpoint interaktif dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar peserta didik kelas 2 MIN 1 Gresik. Hasil dari penelitian ini menerangkan bahwasanya terdapat pengaruh dari penggunaan media powerpoint interaktif ini dan diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang telah dipaparkan oleh guru kelas kelas 2 MIN 1 Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe one group pretest-postest yaitu eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok perbandingan. Pada penelitian ini dilakukan pretest dan posttest, pretest yaitu tes kognitif yang dilakukan sebelum dilakukan perlakuan untuk mengetahui nilai kognitif peserta didik dan posttest yaitu tes kognitif yang dilakukan setelah dilakukan perlakuan dalam pembelajaran untuk mengetahui peningkatan nilai kognitif peserta didik. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validasi, uji reliabilitas, statistic deskriptif, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji hipotesis paired sample T-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai rata-rata pretest yang didapatkan sebesar 45, 93; 2) Nilai rata-rata posttest yang didapatkan sebesar 73, 15; 3) Hasil Uji Paired Sample T-test dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dpaat dilihat dari nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa penggunaan media powerpoint interaktif berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang di kelas 2 MIN I Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Makhfudiyah, Dewi Laukhadewiziah123@gmail.com06040720071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorkurniawan, Agus Prasetyasugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar; materi bangun ruang; media powerpoint interaktif
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Dewi Laukha Makhfudiyah
Date Deposited: 21 Nov 2024 02:55
Last Modified: 21 Nov 2024 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74429

Actions (login required)

View Item View Item