This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mulisi, Ali Sibro (2024) Internalisasi nilai-nilai pendidikan Ahlusunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah dengan pendekatan Interdisipliner di Madrasah Diniyah Pesantren Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ali Sibro Mulisi_02040822011 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ali Sibro Mulisi_02040822011 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 26 November 2027. Download (2MB) |
Abstract
Eksistensi organisasi Islam radikal sesungguhnya merupakan ancaman bagi masa depan Islam Indonesia. Infiltrasi gerakan Islam radikal dilakukan secara masif, khususnya terhadap generasi muda, jika tidak segera diantisipasi maka benih-benih radikalisme akan tersemai dan berkembang. Salah satu upaya untuk membentengi akan tumbuh dan berkembangnya paham radikal ini adalah dengan melalui pendidikan aswaja di pesantren. Dengan menggunakan pendekatan interdisipliner memungkinkan pemahaman yang lebih komprehensif dan holistik tentang nilai-nilai pendidikan Ahlusunnah Wal Jamaah An-nahdliyah dan bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diinternalisasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data melalui proses kondensasi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menujukkan santri memiliki empat komponen dasar nilai-nilai pendidikan ahlusunnah wal jamaah an-nahdliyah yaitu tawassuth, i’tidal, tawazun dan juga tasamuh yang diinternalisasikan melalui tiga tahapan, yaitu tahap transformasi nilai menggunakan metode demonstrasi dan tanya jawab yang digabungkan dengan pendekatan interdisipliner. Tahap transaksi nilai menggunakan metode keteladanan. Tahap transinternalisasi nilai menggunakan metode pembiasaan dan nasihat. Ada beberapa faktor yang menghambat diantaranya minat, situasi dan kondisi santri, dan perbedaan latar belakang. Adapun faktor pendukung yang meliputi kebiasaan di lingkungan pesantren, berbagai referensi, mayoritas berpaham aswaja, dan lingkungan sekitar.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Ahlusunnah Waljama'ah Pesantren Nahdlatul Ulama |
||||||||||||
Keywords: | Internalisasi; Ahlusunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah; Pendekatan Interdisipliner | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Ali Sibro Mulisi | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Nov 2024 04:43 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Nov 2024 04:43 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74446 |
Actions (login required)
View Item |