Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Asmaul Husna di TK Muslimat NU 200 Kureksari Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Dhaifullah Nihal Mumtaz (2023) Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Asmaul Husna di TK Muslimat NU 200 Kureksari Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dhaifullah Nihal Mumtaz Ramadhan_D79219026 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 February 2028.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Dhaifullah Nihal Mumtaz Ramadhan_D79219026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya strategi guru dalam peningkatan kemampuan menghafal Asmaul Husna. untuk mengetahui strategi guru dalam peningkatan menghafal asmaul husna serta mengetahui factor apa saja yang mempengaruhi strategi guru dalam peningkatan kemampuan menghafal siswa dan solusi yang ditemukan oleh guru mengaji. Pembiasaan menghafal asmaul husna ini sangat menarik, karena anak usia dini sudah dibiasakan untuk menghafalkan Asmaul Husna. Dengan jumlah Asmaul Husna yang sangat banyak, hal tersebut tidak mudah bagi anak usia dini mampu menghafalkan secara cepat. Maka di TK Muslimat NU 200 Kureksari Waru melaksanakan pembiasaan menghafal Asmaul Husna agar anak dapat terbiasa untuk menghafal Asmaul Husna di dalam kehidupan sehari-harinya dan anak tidak hanya mengenal Asmaul Husna, melainkan anak mampu menghafal Asmaul Husna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul proses selanjutnya adalah proses analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1) guru menggunakan strategi yang sering digunakan yaitu dengan cara dihafalkan bersama-sama menggunakan media lagu dan gerakan. Kemudian dalam proses hafalan guru menggunakan lokasi di dalam kelas agar kegiatan menjadi efektif dan efisien untuk siswa dalam proses hafalan untuk hafalan sendiri dilakukan setelah selesai istirahat. 2) Adapun factor penghambat yaitu siswa yang bermain-main saat jam pelajaran, siswa yang sakit saat jam pelajaran dan tidak memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Untuk factor pendukung yang guru lakukan memotivasi siswa, pertemuan guru dan murid dan tanggung jawab serta kedisiplinan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Dhaifullah Nihal Mumtazdhaifullahniha@gmail.comD79219026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Agama
Metode Pembelajaran
Al Qur'an
Keywords: Strategi guru; kemampuan menghafal; Asmaul Husna
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: S.Pd Dhaifullah Nihal Mumtaz Ramadhan
Date Deposited: 19 Feb 2025 06:48
Last Modified: 19 Feb 2025 06:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74541

Actions (login required)

View Item View Item