This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Bakti, Lenia Widya (2023) Pendampingan masyarakat berbasis usaha mikro kecil menengah minuman 7 segar water melalui digital marketing di Desa Sidorejo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Lenia Widya Bakti_B72219064 full.pdf Restricted to Repository staff only until 9 December 2027. Download (5MB) |
|
Text
Lenia Widya Bakti_B72219064.pdf Download (4MB) |
Abstract
Skripsi ini membanhas keinginan kelompok UMKM dalam mengembangkan produk minuman 7 Segar Water yang mereka produksi sendiri dengan menggunakan bahan alami di Desa Sidorejo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Yang dalam hal ini kelompok UMKM memiliki produk minuman namun belum berkembang atau dikenal banyak orang. Masyarakat berdiskusi dan menyepakati untuk bisa lebih mengembangkan atau memperkenalkan produk yang mereka olah sendiri, sehingga bisa dikenal masyarakat banyak dan memiliki nilai jual yang bisa lebih mengembangkan UMKM maupun kesejahteraan masyarakatnya. Dengan memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran menggunakan digital marketing agar lebih bisa dikenal, karena zaman sekarang sudah banyak masyarkat yang menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi maupun alat berjualan. Pendampingan dalam upaya melakukan pemberdayaan ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) merupakan pemberdayaan yang dilakukan dengan cara memanfaatkan aset yang ada di sekitar. Aset UMKM yaitu minuman 7 Segar Water yang bisa dikembangkan lebih untuk menambah pendapatan dan mengembangkan UMKM agar lebih maju dengan produk olahan sendiri yang memiliki manfaat baik untuk tubuh karena menggunakan bahan alami. Dan aset manusia yang dimiliki oleh UMKM dengan memanfaatkan media sosial. Setelah itu produk yang sudah dibuat dipasarkan melalui digital marketing. Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat setelah adanya pendampingan ini adalah munculnya kesadaran masyarakat mengenai potensi yang mereka miliki untuk mengembangkan aset yang mereka punya, yang mungkin potensi yang ada dalam diri mereka saat itu belum mereka sadari, setelah adanya pendampingan dengan mewujudkan mimpi atau keinginan mereka terhadap produk minuman 7 Segar Water, bisa lebih berkembang dengan adanya edukasi mengenai pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran untuk meingkatkan ekonomi masyarakat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ekonomi Masyarakat Islam Pedagang |
||||||||
Keywords: | UMKM; pendampingan; digital marketing | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam | ||||||||
Depositing User: | Widyabakti Lenia | ||||||||
Date Deposited: | 09 Dec 2024 06:28 | ||||||||
Last Modified: | 09 Dec 2024 06:28 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74562 |
Actions (login required)
View Item |