This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Azizah, Hilda Nur (2024) Penerapan manajemen manasik haji dalam rangka meningkatkan kualitas ibadah haji Jemaah Haji di PT. Fabi Abadi Berkah Haramain Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Hilda Nur Azizah_04020420028 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Hilda Nur Azizah_04020420028 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 December 2027. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Manajemen Manasik Haji dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Ibadah Haji Jemaah Haji di PT. Fabi Abadi Berkah Haramain Surabaya. Masalah yang dicari dari penelitian ini adalah bagaimana manajemen pelaksanaan program manasik haji pada PT. Fabi Abadi Berkah Haramain Surabaya? Bagaimana efektivitas manajemen pelaksanaan program manasik haji untuk meningkatkan kualitas ibadah haji para jemaah haji PT. Fabi Abadi Berkah Haramain Surabaya?. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah manajemen pelaksanaan program manasik haji memerlukan perencanaan yang matang, koordinasi yang efektif, pendanaan yang terencana, komunikasi yang jelas, pelaksanaan kegiatan yang teratur, pemantauan dan evaluasi berkala, perhatian terhadap keamanan dan keselamatan, dokumentasi yang baik, evaluasi pasca program, serta rapat debriefing. Dengan melibatkan langkah-langkah ini secara komprehensif, diharapkan program manasik haji dapat berjalan lancar, memberikan manfaat optimal bagi peserta, serta memungkinkan perbaikan dan peningkatan kualitas program di masa depan. Manajemen yang efektif dalam pelaksanaan program manasik haji berkontribusi besar pada peningkatan kualitas ibadah haji para jemaah. Langkah-langkah seperti penyampaian informasi yang jelas, pembekalan spiritual dan psikologis, simulasi lapangan, pemilihan instruktur yang kompeten, pemantauan selama pelaksanaan, perhatian pada keselamatan dan kesehatan, umpan balik, bimbingan spiritual, dan pemberdayaan jemaah menjadi pondasi utama. Dengan menerapkan manajemen yang tepat, program manasik haji bukan hanya persiapan fisik, tapi juga mental dan spiritual bagi para jemaah, memastikan mereka siap dalam menjalankan ibadah haji dengan baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Manajemen Dakwah | ||||||||
Keywords: | Manajemen; Manasik Haji; Peningkatan Kualitas | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah | ||||||||
Depositing User: | Hilda Nur Azizah Tauriqurahman | ||||||||
Date Deposited: | 17 Dec 2024 08:15 | ||||||||
Last Modified: | 17 Dec 2024 08:15 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74598 |
Actions (login required)
View Item |