Pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV di MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Nafilatus (2024) Pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nafilatus Sa'adah_0604721108.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nafilatus Sa'adah_0604721108_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 December 2027.

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang dari penelitian ini yaitu kedisiplinan guru belum diterapka secara maksimal di kelas IV MINU Ngingas dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak. Di samping itu menunjukkan juga bahwa minimnya peserta didik yang tidak semangat belajar dikarenakan beberapa faktor yaitu guru yang dating tidak tepat waktu, guru yang tidak konsisten dalam menyampaikan materi. Oleh karena itu peserta didik memiliki motivasi belajar yang rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui motivasi beljar peserta didk kelas IV di MINU Ngingas sebelum dan sesudah diterapkannya kedisiplinan guru. 2) Untuk Mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap motivasi belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas IV di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Ex post Facto yang dilakukan pada 2 kelas untuk mengukur pengaruh kedisiplinan tersebut. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas IV MINU Ngingas Waru Sidoarjo dengan pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh kelas IV dijadikan sampel yaitu kelas IV A dan kelas IV B. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, observasi. Teknik analisis data pada peneitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata posttest kelas kontrol diperoleh sebesar 81,17, sedangkan posttest kelas eksperimen sebesar 91,15. Hasil uji-t diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada penerapan kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajara akidah akhlak kelas IV di Minu Ngingas Waru Sidoarjo. Perbedaan dari kedua kelas tersebut dapat memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajara akidah akhlak kelas IV di Minu Ngingas Waru Sidoarjo

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Nafilatusnafilatus373@gmail.com06040721108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Pendidikan
Keywords: Kedisiplinan guru; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nafilatus Sa'adah
Date Deposited: 16 Dec 2024 02:16
Last Modified: 16 Dec 2024 02:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74651

Actions (login required)

View Item View Item